TINGKATKAN KEPEDULIAN SESAMA, DONOR DARAH RUTIN DISELENGGARAKAN DI UDINUS


Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)  Korps Suka Rela (KSR) PMI Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang terus meningkatkan solidaritas antar sesama dengan kembali mengadakan kegiatan donor darah. Kegiatan tersebut bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Semarang. 

Diselenggarakan di gedung serbaguna bertempat di gedung D lantai 1. Dalam kegiatan tersebut KSR PMI Udinus melibatkan mahasiswa dan dosen yang ingin membantu sesama dalam memenuhi persediaan darah yang terus meningkat di Kota Semarang. Kegiatan donor darah yang diadakan oleh KSR PMI Udinus dan PMI menjadi agenda rutin tiap semesternya di Udinus. Kegiatan itu diadakan pada Jumat, 18 November lalu.
 
Ketua penyelenggara Donor Darah dari UKM KSR PMI, Mia Roosana mengatakan jika kegiatan donor darah merupakan langkah KSR PMI Udinus peduli terhadap penderita Thalasemia di Kota Semarang yang tiap bulannya membutuhkan kantong darah sekaligus menambah stok darah di PMI.  Penyelenggaraan donor darah merupakan agenda rutin dari UKM KSR PMI.

"Kesadaran masyarakat terhadap donor darah sudah meningkat dibandingkan sebelumnya. Kami ingin membantu masyarakat yang membutuhkan darah seperti penderita Thalasemia, yang seumur hidupnya membutuhkan transfusi darah. Donor darah kali ini dibutuhkan 200 kantong darah," ujarnya.
 
Mia menambahkan  jika pihaknya terus mensosialisasikan mengenai donor darah kepada masyarakat melalui sosial media. Jelasnya, banyak manfaat yang akan didapatkan oleh masyarakat yang melakukan donor darah. Manfaat akan dirasakan jika rutin dalam melakukan donor darah, salah satunya akan membantu dalam memperlancar peredaran darah dan menurunkan risiko terkena serangan jantung.

 "Kami terus meningkatkan kepedulian mahasiswa melalui donor darah. Manfaat lain yang didapatkan yakni sel darah merah pendonor akan memiliki kualitas yang baik.  Dengan rutin melakukan donor darah menjadikan tubuh akan menstimulasi pembentukan darah baru yang segar. Selain itu juga akan memperpanjang usia,"  tambahnya. (Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)

Last Update : 28 November 2022