KOLABORASI UDINUS DAN KEPPIN HASILKAN APLIKASI DIGITEPP


Berikan kontribusi melalui bidang teknologi, Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang berikan dukungan kepada Komite Etik Penelitian dan Pelayanan Indonesia (Keppin) kembangkan aplikasi untuk telaah etik penelitian. 

Dukungan itu ditetapkan dalam penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan diselenggarakan di ruang rapat gedung H lantai 1 Udinus pada Rabu, (16/11/2022). Selanjutnya Perjanjian Kerja Sama juga dilakukan dengan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinus Teknologi (Dinustek) dan Fakultas Kesehatan (FKes) Udinus. 

Penandatanganan dilakukan oleh Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom., Kepala Dinustek Udinus, Mohamad Sidiq, S.Si, M.Kom, dan Dekan FKes Udinus Enny Rachmani, SKM, M.Kom, Ph.D. 

Sementara dari Keppin tanda tangan diberikan langsung oleh Ketua Keppin, dr. Triono Sundoro, M.Sc, M.Phill, Ph.D. Dalam paparannya, kerja sama ini sebagai implementasi dari peraturan pemerintah yang merubah semua sistem manual ke dalam digital. 

Demi mendukung dan menangkap peluang di era digital, aplikasi Digitalisasi Telaah Etik Protokol Penelitian (digiTEPP) dikembangkan oleh Keppin dan Udinus. Nantinya melalui aplikasi itu, segala proses penelitian akan lebih mudah dan cepat untuk diusulkan dan ditelaah. Karena semua data sudah masuk di dalam sebuah server yang dihandle langsung oleh Dinustek Udinus.

“Beberapa kelebihan yang aplikasi kami yakni dapat diakses secara online dimana saja, kapan saja. Dengan tampilan yang user friendly, digiTEPP peneliti akan semakin dimudahkan selama proses penelitiannya,” jelas dr. Triono. 

Sebagai informasi, Keppin merupakan wadah bagi Komite Etik Penelitian (KEP) yang berbasis hukum. Memiliki fungsi untuk mendukung pemerintah selaku regulator untuk mendorong terbentuknya KEP(K) yang baru. 

Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom., melalui kerja sama ini berharap kedepannya bisa memajukan dunia penelitian di Indonesia. Ungkapnya, dengan sumber daya yang dimiliki oleh Udinus kedepannya akan terus memberikan kontribusi di bidang teknologi. 

“Kami harap Udinus dan Keppin dapat saling berkembang dan tumbuh bersama dalam bidang teknologi, untuk memberikan support bagi para peneliti. SDM kedua pihak pun dapat memanfaatkan kolaborasi ini semaksimal mungkin," tutupnya. (Humas Udinus/Haris. Foto: Humas Udinus)

Last Update : 28 November 2022