KTCD UKM PRAMUKA UDINUS LANTIK MAHASISWA BARU TAHUN 2022


Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka di Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang bernama Racana Dian Nuswantoro baru saja resmi melantik anggota barunya. Berbeda dengan tahun sebelumnya, Kegiatan Tamu Ke Calon Dega (KTCD) yang diikuti oleh 20 mahasiswa angkatan 2022 kali ini dapat berlangsung secara luring.
 
Kegiatan yang berlokasi di Bumi Perkemahan (Buper) Candra Birawa, Karanggeneng, Kota Semarang itu juga diisi dengan materi-materi dan simulasi seputar pengelolaan budi pekerti. Pelantikan yang berlangsung selama tiga hari itu dihadiri oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Udinus sekaligus Pembina UKM Pramuka, Dr. Kusni Ingsih M.M., dan Kepala Biro Kemahasiswaan, Dr. Rindra Yusianto S.Kom, MT.
 
Ketua Pramuka Racana Dian Nuswantoro Putri, Naeli Laelal Khiaroh merasa lega dengan berakhirnya pandemi kegiatan Pramuka dapat kembali dilaksanakan secara luring. Ungkapnya, banyak kegiatan yang harus diadaptasikan menjadi daring selama dua tahun terakhir. Pelantikan ini sebagai kegiatan resmi perdana yang dilakukan oleh UKM Pramuka di kampus dengan akreditasi unggul itu.
 
“Selain menyampaikan materi sebagai bekal untuk para anggota baru, dalam pelantikan ini kami akan melakukan aktivitas lain yang akan merekatkan kerja sama tim. Seperti penjelajahan, outbond dan api unggun,” jelasnya. 
 
Naeli menambahkan, banyak sekali keuntungan yang didapatkan dengan mengikuti kegiatan Pramuka. Seperti belajar pentingnya berorganisasi dan akan bertemu dengan anggota pramuka dari perguruan tinggi lain di seluruh Indonesia. “Mengikuti kegiatan pramuka itu menyenangkan, selain mendapat banyak relasi. Juga mendapat softskill yang bisa diterapkan di masyarakat umum,” imbuhnya.
 
Prestasi juga sempat ditorehkan oleh UKM yang dibagi menjadi Putra dan Putri ini, yakni juara 2 dalam lomba cepat tepat pramuka untuk kategori Putri se Kota Semarang. 
 
Pembina UKM Pramuka Racana Dian Nuswantoro, Dr. Kusni Ingsih M.M., berharap kegiatan ini bisa membuka halaman bagi UKM Pramuka untuk kembali beraktivitas dengan normal. Meski sudah terbiasa dengan kegiatan daring, semoga perlahan bisa kembali beradaptasi untuk memperbanyak kegiatan luring dan meraih prestasi di bidangnya.
 
“Sebagai bidang kemahasiswaan juga, harapan ini kami tujukan untuk seluruh UKM yang ada di Udinus. Semoga akan banyak prestasi di tingkat nasional hingga internasional lagi setelah kegiatan kembali normal,” tutupnya. (Humas Udinus/Haris. Foto: Dok. Pramuka)

Last Update : 2 Juli 2022