FIB UDINUS BERIKAN WADAH BAGI MAHASISWA BAHAS PENELITIAN DI BIDANG LINGUISTIK


Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang berikan wadah bagi mahasiswa strata satu di bidang Bahasa, Budaya, serta Pariwisata untuk mempublikasikan penelitian mereka. Peluang itu diberikan dalam kegiatan Undergraduate Conference on Language, Literature, and Culture (Unclle) 2022, yang diselenggarakan secara daring pada Kamis, 14 April 2022. 
 
Unclle merupakan seminar call for paper tahunan yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FIB Udinus. Diikuti oleh 70 presenter dan 130 peserta, dengan mengusung tema ‘Language, Literature, and Culture Adaptation During The New Normal’. Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini konferensi itu meningkat ke skala internasional. 
 
Dekan FIB Udinus, Dr. Raden Arief Nugroho S.S., M.Hum., turut hadir dan memberikan sambutan hangat kepada seluruh presenter maupun peserta kegiatan. Sesuai dengan tema yang ditentukan, menurutnya pandemi Covid-19 memberikan dampak khususnya di bidang komunikasi dan pendidikan. Perlunya adaptasi dengan kebiasaan new normal menjadi salah satu topik penelitian yang menarik saat ini. 
 
“Sesuai tujuannya, semoga melalui ajang ini bisa menjadi dorongan bagi para mahasiswa di bidang Bahasa, Budaya, serta Pariwisata untuk menuangkan ide, melakukan diskusi ilmiah dan mempresentasikan hasil penelitian masing-masing,” harapnya.
 
Kegiatan juga dibuka dengan pidato dari Ketua Pelaksana, Yolanda Marcela yang memberikan laporannya seputar Unclle. Ungkapnya, pada kegiatan yang sudah digelar ketiga kalinya itu terdapat lima sub-tema yakni Linguistik, Literature, Culture, Translation, dan Language Teaching. Nantinya hasil penelitian terbaik dan presenter terbaik akan mendapat sertifikat Best Paper dan Best Presenter.
 
“Selain itu kami juga memfasilitasi untuk hasil penelitian terpilih akan di publish pada jurnal terakreditasi yaitu E-Structural Journal (Sinta 3), JApres Journal (Sinta 4) serta LITE Journal (Sinta 4),” ungkapnya.
 
Presentasi hasil penelitian oleh peserta dibagi menjadi dua sesi dengan fitur break room yang ada di zoom meeting. Lalu kegiatan ditutup dengan pengumuman presenter terbaik dan penelitian terbaik. 
 
Acara juga dilengkapi dengan webinar yang menghadirkan dua narasumber, yakni Kepala Pusat Pelayanan dan Pelatihan Bahasa Asing FIB Udinus, Bayu Aryanto S.S., M.Hum yang memaparkan ‘Compliment Responses By Young Adult in Japanese on Online Communication’. Sementara itu pembicara kedua diisi oleh Mental Health Counsellor & Psychologist British Association For Counsellors and Psychotherapists, Raoul Lindsay BSc, MSc, MBACP, MBPsS. Ia memberikan pemaparan mengenai ‘Managing Student Stress During and Post a Pandemic’. (Humas Udinus/Haris. Foto: Humas Udinus)

Last Update : 6 Juli 2022