FIK UDINUS TERIMA KUNJUNGAN DARI HIGH PERFORMANCE COMPUTING


Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang terima kunjungan High Performance Computing (HPC). Kunjungan yang berlangsung selama tiga hari itu  diterima oleh dosen dan para jajaran Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Udinus. (4/6/2022)
 
Kegiatan yang bernuansa sharing bersama tersebut mendatangkan Profesor HPC dari Universitas Indonesia (UI), Prof. Heru Suhartanto, Ph.D. Selain itu, dihadiri oleh Dekan FIK Udinus, Dr. Guruh Fajar Shidik S.Kom., M.Cs., Wakil Dekan I FIK Udinus, Dr. Ahmad Zainul Fanani SSi, M.Kom dan Wakil Dekan II FIK Udinus, Affandy M.Kom, Ph.D. 
 
Dekan FIK Udinus, Dr. Guruh Fajar Shidik S.Kom., M.Cs., menyampaikan bahwa kegiatan dibagi menjadi tiga sesi. Pada hari pertama, kegiatan berfokus untuk mendalami roadmap penelitian. Jelasnya, pada sesi tersebut dibandingkan roadmap penelitian dari dua universitas. Sedangkan di sesi kedua, membahas seputar pengajuan berkas guru besar dan lektor kepala yang diajukan ke LLDIKTI. 
 
“Dari kedua sesi itu, kami meminta pendapat Prof. Heru yang juga menjadi asesor di BAN PT. Untuk melihat apa saja roadmap atau berkas yang harus diperbaiki supaya mendapat hasil maksimal,” jelas Dekan FIK Udinus. 
 
Untuk sesi terakhir membahas mengenai studi lanjut untuk program doktor. Memberikan motivasi kepada para dosen untuk melanjutkan pendidikan di bidang komputasi. 
 
Prof. Heru Suhartanto, Ph.D., selaku guru besar HPC di perguruan tinggi yang berlokasi di Kota Depok itu ungkapkan rasa terima kasihnya telah diundang di Udinus. Dalam visitasinya pada sesi diskusi, Prof. Heru menekankan tentang pemahaman tahap regulasi. Karena adanya tahap penilaian yang cukup panjang saat melakukan publikasi penelitian maupun pengajuan kenaikan pangkat. 
 
Ungkapnya, ketika akan mengajukan kenaikan pangkat, semua hasil karya dosen yang sesuai dengan bidangnya harus disertakan. Karya itulah yang menjadi salah satu poin penting untuk penilaian di LLDIKTI. 
 
“Seringkali dosen mendapatkan nilai yang tidak sesuai, karena tidak sesuainya dengan standar regulasi penilaian. Maka untuk mendapatkan nilai maksimal, standar itu harus dipahami oleh setiap dosen,” pesan Prof. Heru.
 
Pada visitasi tersebut juga diikuti oleh 15 dosen FIK Udinus yang terdiri dari Program Studi (Prodi) S1 Teknik Informatika, Prodi S1 Sistem Informasi dan Prodi D3 Teknik Informatika. Berlokasi di Ruang Rapat gedung H lantai 1 Udinus, protokol kesehatan tetap dilakukan secara ketat seperti mengenakan masker, dan menjaga jarak. (Humas Udinus/Haris. Foto: Dok. FIK Udinus)

Last Update : 6 Juli 2022