ERATKAN SILATURAHMI, FIB UDINUS FASILITASI SARASEHAN APPBIPA DAN BALAI BAHASA JAWA TENGAH


Dukung program internasionalisasi bahasa Indonesia, Afiliasi Pengajar dan Pegiat Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (APPBIPA) Provinsi Jawa tengah (Jateng) gelar sarasehan dengan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang.  Kegiatan itu mengusung tema ‘Pemetaan Kondisi dan Potensi Pengembangan Program BIPA  di Jateng  yang diselenggarakan secara hybrid dan berlokasi di Aula Auditorium gedung H Lantai 7 Udinus. (4/4/2022)
 
Kegiatan yang dikemas dalam forum ilmiah dan sarasehan bagi lembaga penyelenggara APPBIPA Jateng itu, merupakan kolaborasi antara Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Udinus dan Balai Bahasa Provinsi Jateng. Tercatat kurang lebih 40 peserta hadir secara luring dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, seperti selalu menggunakan masker dan menjaga jarak. 
 
Pada kesempatan tersebut, acara dibuka dengan sambutan dari Kepala Balai Provinsi Jawa Tengah Dr. Ganjar Harimansyah dan acara resmi dibuka oleh Kepala Pusat Penguatan dan Pemberdayaan Bahasa, Dr. Iwa Lukmana, M.A., yang juga memberikan materi pembukaan.
 
Sarasehan pun diikuti oleh Dekan FIB Udinus Dr. Raden Arief Nugroho S.S., Wakil Dekan FIB Udinus, Dra Sri Mulatsih M.Pd., bersama dosen pengajar, penggiat, penyelenggara dan pengurus APPBIPA Jateng. 
 
Kepala Balai Bahasa Jateng, Dr. Ganjar Harimansyah dalam sambutannya melaporkan bahwa sarasehan tersebut menjadi salah satu bagian dari program Balai Bahasa Jateng. Tambahnya, program itu sebagai fasilitas forum ilmiah yang diberikan kepada APPBIPA khususnya di Jawa Tengah. 
 
“Kami harap sarasehan ini sebagai awal yang baik bagi Balai Bahasa dan FIB Udinus bersama para penggiat lain untuk menjalin kerja sama dan menjaga komunikasi dalam rangka pengembangan program APPBIPA di Jateng,” harapnya.
 
Acara dilengkapi dengan pemaparan materi seputar APPBIPA yang dimoderatori oleh Bayu Aryanto S.S., M.Hum selaku Kepala Pusat Pelayanan dan Pelatihan Bahasa Asing FIB Udinus.  Pada pemaparannya, Ketua APPBIPA Jawa Tengah Drs. Muzzaka, M.Hum., menyampaikan tujuan, kegiatan dan keorganiasian yang ada di APPBIPA Jateng. Ia berharap bahwa APPBIPA akan lebih banyak melibatkan perguruan tinggi, sebagai upaya mendukung program internasionalisasi bahasa Indonesia. Dengan kolaborasi tersebut pihaknya berupaya untuk meningkatkan keterampilan dalam mengajar bahasa indonesia bagi penutur asing. 
 
“Pasalnya motivasi para dosen pengajar dan peneliti ini sangat dibutuhkan untuk melakukan penelitian yang mengkaji di bidang bahasa indonesia bagi penutur asing. Diharapkan hal itu mampu menunjang program internasionalisasi bahasa Indonesia kedepannya,” ajak Muzzaka. 
 
Secara terpisah, Dekan FIB Udinus Dr. Raden Arief Nugroho S.S., sampaikan rasa terima kasihnya atas kepercayaan dari Balai Bahasa dan APPBIPA. Semoga melalui sarasehan yang diikuti dengan sesi diskusi tersebut dalam memunculkan ide-ide baru untuk mewujudkan program pemerintah dalam menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional.
 
"Kami merasa terhormat dipercaya sebagai tuan rumah untuk menyelenggarakan kegiatan positif seperti ini. Semoga dengan fasilitas yang ada dapat memaksimalkan kegiatan," tutupnya. (Humas Udinus/Haris. Foto: Humas Udinus)

Last Update : 6 Juli 2022