TIGA MAHASISWA D3 RMIK UDINUS JUARAI INDONESIA MEDICAL RECORD COMPETITION


Tiga mahasiswa Program Studi (Prodi) D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (RMIK) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang berhasil menjuarai Indonesian medical Record Competition (IMRC) 2022. Keberhasilan mereka tak lepas dari kegigihan mereka yang mampu bersaing dengan kurang lebih 80 mahasiswa. (Selasa, 28/3)
 
Peserta dalam ajang itu merupakan D3 Rekam Medis, D4 dan S1 Manajemen Informasi Kesehatan lainnya dari seluruh Indonesia. Ketiga mahasiswa yang saat ini melanjutkan pendidikan di Prodi dengan akreditasi A itu berhasil menjuarai dua dari enam kategori yang diperlombakan. 
 
Pada kategori Lomba Statistik Rumah Sakit diraih oleh Sulistiyowati, sedangkan untuk kategori Desain Formulir Elektronik, juara 1 diraih oleh Zabrina Rachma dengan karya berjudul Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Dian Nuswantoro (SIMRS DIRO). Sementara itu, Ari Saeful Bahri berhasil mengamankan juara 2 dengan karya berjudul SMIRS Nuswantoro. 
 
Sulistiyowati mahasiswa Prodi D3 RMIK Udinus menceritakan selama mengikuti ajang tersebut ia mempersiapkan materi yang akan dilombakan. Tambahnya, dalam kategori itu ia menjawab beberapa soal yang diberikan oleh dewan juri secara langsung. Pada semifinal terdapat total lima soal sedangkan untuk final terdapat satu soal kasus. 
 
“Saya berhasil menang dengan total skor 20 poin, mengikuti ajang ini karena memang tertarik dengan statistik dan ingin mengasah ilmu saya dibidang itu dengan mahasiswa lainnya,” ungkapnya.
 
Sama dengan kedua mahasiswa lainnya, Zabrina Rachma mengaku bangga dapat mengharumkan nama kampus berakreditasi Unggul itu di kancah nasional. Pada kategori Desain peserta harus mengikuti tema yang sudah ditentukan yakni ‘Laporan Operasi’.
 
“Untuk desain ini saya membuat alur dari awal masuk ke sistem yang digunakan oleh sebuah rumah sakit, sampai dengan pengisian laporan operasi yang telah dilakukan,” jelasnya.
 
Pada ajang tersebut, terdapat enam kategori yang diperlombakan diantaranya Lomba Statistik Rumah Sakit, Desain Formulir Elektronik, Coding, Lomba Cerdas Cermat, Manajemen Unit Kerja, dan Pemrograman Rekam Medis. Kompetisi ini merupakan serangkaian acara International Seminar of Health Information Management (ISoHIM) yang diselenggarakan oleh salah satu perguruan tinggi di Surakarta. 
 
Menanggapi capaian itu, Dekan Fakultas Kesehatan Udinus Enny Rachmani SKM, M.Kom, Ph.D turut bangga dengan prestasi yang diraih oleh tiga mahasiswa FKes tersebut. Udinus selalu memberikan apresiasi kepada mahasiswa yang berprestasi di kancah nasional dan internasional melalui beasiswa. 
 
“Semoga dengan capaian ini bisa menjadi motivasi untuk mahasiswa lain khususnya di FKes Udinus. Dapat mengharumkan nama kampus bahkan hingga ke kancah Internasional,” tutupnya. (Humas Udinus/Haris. Foto: Humas Udinus)

Last Update : 27 Juni 2022