FASILITASI PERUSAHAAN, FT UDINUS CIPTAKAN ROBOT AGV KAIBO


Program Studi S-1 Elektro Fakultas Teknik (FT) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang fasilitasi perusahaan dengan menciptakan robot automatic Guidedence Vehicle (AGV) Kaibo. Robot tersebut mampu pengangkut material sewing dan mampu bergerak secara otomatis.
 
Robot AGV karya Udinus itu, nantinya akan dipergunakan untuk PT. Globalindo Intimates. Secara simbolis robot yang memiliki kapasitas pengangkut sebesar 300 kilogram, diserahkan di ruang rapat gedung B lantai 1 FT Udinus.  Penyerahan itu dilakukan oleh Dekan FT Udinus, Heru Agus Santoso Ph.D kepada  General Manager PT. Globalindo Intimates, Suwandi. Selain itu disaksikan oleh Ketua Prodi S-1 Teknik Elektro Udinus, Dr. M Ary Heryanto S.T., M.Eng dan dosen lainnya. 
 
Terdapat lima mahasiswa Prodi Teknik Elektro Udinus yang dalam kolaborasi ini berperan serta membangun robot AGV, dengan dampingan para dosen FT Udinus. Yakni Yusuf Aleandra, Nimas Sendani, M. Haritz Alam, Tegar Amrullah dan M Faizal.
 
Dalam kerjanya, robot AGV Kaibo berjalan di garis yang telah ditentukan sebelumnya dengan membawa barang sesuai ketentuan berat maksimal yang diperbolehkan. Robot tersebut merupakan hasil dari program matching fund Kedaireka dan juga telah diimplementasikan di PT. Globalindo Intimates yang berlokasi di Klaten, Jawa Tengah. 
Dekan FT Udinus, Heru Agus Santoso Ph.D menjelaskan serah terima merupakan bentuk simbolis resminya AGV Kaibo diserahkan ke PT. Globalindo Intimates. Menurutnya robot ini akan mempermudah kerja dari para karyawan di PT tersebut. 
 
“AGV Kaibo karya dari para mahasiswa memiliki berbagai keunggulan satu diantaranya Lebih efektif dan efisien untuk menekan waktu produksi. Kedua pihak sepakat, dunia pendidikan dan industri akan saling membutuhkan dan dapat menguatkan satu sama lain,” tegasnya. 
 
General Manager PT. Globalindo Intimates, Suwandi menginginkan robot AGV Kaibo karya Udinus dapat terus dilanjutkan dan disempurnakan. Selain itu, dapat juga menjadi projek untuk bagi para mahasiswa FT Udinus sehingga menjadi projek yang keberlanjutan. 
 
“Kami berharap kedepannya ada project lanjutan seperti mesin yang mampu mengukur kain dan sebagainya. Kami apreasiasi mahasiswa Udinus mampu membuat robot AGV yang canggih ini,” jelasnya. (Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)

Last Update : 25 Juni 2022