TERIMA KUNJUNGAN LP2MP UNAKI, LPM UDINUS AJARKAN MENGENAI SPMI DAN AMI


Terima kunjungan dari Lembaga Pengembangan  dan Penjamin Mutu Pendidikan (LP2MP) Universitas AKI (UNAKI), Lembaga penjamin mutu (LPM) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang beri ilmu seputar Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) . Selain itu, kedua universitas tersebut juga saling bertukar pengalaman dan informasi terkait pendidikan di kampus masing-masing.
 
Studi banding itu berlangsung secara luring dan bertempat di Ruang Rapat Gedung H Lantai 1 Udinus. Pada pembukaan studi banding itu, dibuka secara langsung oleh Kepala LPM Udinus, Dr. Drs. Abdul Syukur, M.M,dan dilanjutkan pemaparan materi oleh Kepala Bidang Akreditasi, Dr. Drs. Agus Prayitno M.M  terkait struktur organisasi LPM, standar Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang digunakan, serta Audit Mutu Internal (AMI). Kedua kampus yang sama-sama berada di Kota Semarang itu juga berdiskusi bersama mengenai Audit Mutu Internal (AMI).  
 
Dalam sambutannya, Dr. Drs. Abdul Syukur, M.M mengaku senang mendapat kunjungan dari UNAKI. Menurutnya, studi banding tersebut merupakan sarana meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Ungkap Abdul,  LPM Udinus selalu bekerja keras untuk memperoleh akreditasi yang diinginkan sehingga mampu menciptakan lulusan yang berkualitas. Sementara itu, dalam proses untuk memenuhi audit dalam pelaporan AMI, Udinus lakukan pelatihan auditor secara internal yang melibatkan dosen dan Kaprodi.
 
“Berbagai pihak internal kami libatkan sehingga dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia.  Kami melihat UNAKI dan Udinus ini memiliki latar belakang serupa dan sama-sama bergelut di akademi. Untuk itu, Udinus dengan senang hati akan berbagi pengalaman dan bertukar informasi mengenai strategi Udinus untuk mencapai akreditasi unggul,” ungkapnya.
 
Perwakilan dari UNAKI, Yohana Tri Widayati, S.E, M.Kom  berharap dengan kunjungan ke Udinus dapat meningkatkan kualitas UNAKI agar nantinya dapat mengikuti jejak Udinus. Menurutnya SPMI merupakan standar yang sangat dibutuhkan oleh suatu perguruan tinggi dalam meningkatkan kualitas pendidikannya.
 
“Kami dari UNAKI ingin sangat berterima kasih dengan ilmu dan pengalaman yang telah dibagikan selama studi banding ini. Kami merasa perlu untuk belajar dan menimba ilmu dengan Udinus yang telah terakreditasi unggul. Jadi, kami akan terus belajar dari strategi yang telah Udinus lakukan,” tutupnya. (Humas Udinus/Almira. Foto: Humas Udinus)

Last Update : 2 Juli 2022