AJANG YNSF DAN YISF DITUTUP SECARA MERIAH, MAN 1 KUANTAN SINGINGI RAIH GRAND AWARD DARI UDINUS


Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang sukses menjadi tuan rumah dalam ajang Youth National Science Fair (YNSF) dan Youth Internasional Science Fair (YISF). Udinus juga memberikan grand award berupa beasiswa S-1 kepada peserta dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kuantan Singingi sebagai tim SMA terbaik di ajang tersebut.

Dalam ajang internasional itu, MAN 1 Kuantan Singingi membawa 5 anggota yakni Mayes Govy Haeva, Alif Abdillah, Gavran Ziksan dan Widi Aminarti. Mereka dalam ajang YNSF dan YISF mempresentasikan hasil penelitiannya mengenai Watercare yang mampu melihat kualitas air menggunakan Internet of Things (IoT).  Penghargaan beasiswa bagi siswa MAN 1 Kuantan Singingi diberikan langsung oleh Ketua Biro Kemahasiswaan Udinus, Dr. Rindra Yusianto, S.Kom, MT dan Kepala Biro Admisi Udinus, Andi Hallang Lewa S.S, M.M. Selain itu, MAN 1 Singingi juga meraih penghargaan lain satu di antaranya yakni medali emas dalam Engineering Category YISF 2022.   

YNSF sendiri menjadi ajang kompetisi sains proyek tingkat nasional yang diikuti oleh 42 tim dari seluruh Indonesia. Sedangkan YISF merupakan kompetisi tingkat internasional yang diikuti oleh 459 tim dari berbagai negara di dunia. Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini ajang bergengsi tersebut dilaksanakan secara hybrid yang akan diselenggarakan serentak pada 14-17 Maret 2022 di seluruh dunia.

Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, Prof. Dr. Supriadi Rustad, M.Si mengucapkan selamat kepada keempat siswa dari MAN 1 Kuantan Singingi yang berhasil menjadi tim terbaik dan berhak mendapatkan beasiswa S-1 dari Udinus. Ia juga berharap kegiatan YNSF dan YISF mampu menjadi ajang bagi inventor muda dalam berkreasi di bidang sains.

“Selamat untuk seluruh peserta yang meraih medali dan juga MAN 1 Singingi yang berhasil mendapatkan grand award dari Udinus. Ajang ini sangat bagus untuk menumbuhkan semangat meneliti di kalangan siswa hingga mahasiswa dan generasi muda bangsa Indonesia tidak berhenti untuk terus berinovasi,” jelasnya.

Sementara itu, Presiden IYSA, Deny Irwan, M.Pd  berterima kasih kepada Udinus yang sudah memberikan dukungan secara baik, telah bersedia menjadi tuan rumah untuk diselenggarakannya ajang ini. Ia menilai inovasi-inovasi yang dihadirkan peserta sangat beragam dan inovatif.

“Kami harap ajang ini mampu menjadi wadah bagi pada inovasi muda dari berbagai negara, yang mengembangkan inovasinya di bidang sains. Selama 4 hari ajang YNSF dan YISF kami nilai berjalan lancar dan sukses,” harapnya. 

Berbagai penampilan dari para mahasiswa Udinus juga disuguhkan secara apik guna menghibur para peserta yang hadir secara luring di Aula Gedung E Lantai 3 Udinus. Penampilan apik tersebut dipersembahkan oleh Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Gita Dian Nuswa dan Dance From Udinus (DFU).

Selain siswa MAN 1 Kuantan Singingi dan berbagai SMA lainnya yang meraih medali, SD Hj. Isriati 1 Simpanglima  Semarang juga mendapatkan berbagai medali dalam ajang YNSF dan YISF. Satu di antaranya medali emas  di kategori Malaysia Innovation Invention Creativity Association (MIICA) Special Award Youth Internasional Science Fair (YISF).  (Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)

 

 

Last Update : 2 Juli 2022