TAEKWONDO UDINUS TOREHKAN DUA MEDALI EMAS DI KANCAH INTERNASIONAL, BERSAING DENGAN 73 NEGARA


Dua atlet Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, Fahad Abdur Rahman Sasongko dan Dwita Isriyan Kusumawati berhasil raih medali, pada International Taekwondo Championship Asia Continental 2022. 
 
Kejuaraan berskala internasional tersebut diselenggarakan secara daring selama enam hari, mulai Senin, 7-12 Maret 2022 lalu. Ajang yang diselenggarakan oleh GMAC Group itu diikuti oleh kurang lebih 750 atlet yang Berasal dari 73 negara. Dua diantaranya dari Thailand dan India.  
 
Pada kejuaraan tersebut, Fahad Abdur Rahman Sasongko dan Dwita Isriyan Kusumawati berhasil mendapatkan medali emas untuk kategori Speed Kicking. Kedua atlet tersebut merupakan mahasiswa Program Studi (Prodi) S1 Manajemen Udinus, yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Taekwondo Udinus. 
 
Dwita sapaan akrab Dwita Isriyan Kusmawati, menjelaskan untuk kejuaraan kali ini diselenggarakan secara daring. Untuk kejuaraan daring, seluruh peserta harus mengirimkan gerakan mereka dalam bentuk video berdurasi satu menit yang kemudian dinilai oleh para juri. Dwita sebelumnya juga sudah mengharumkan nama Udinus pada Kejurnas Taekwondo Piala Walikota Solo, dengan raihan medali perak.
 
“Saya merasa bangga dapat menjadi bagian dari UKM Taekwondo Udinus, ikut serta menyumbangkan prestasinya hingga ke kancah internasional dan membawa nama baik kampus,” ungkapnya 
 
Dwita yang kini juga menjabat sebagai Ketua Umum UKM Taekwondo Udinus itu menambahkan, speed kicking merupakan ajang pengganti dari kompetisi tarung taekwondo yang biasanya diadakan secara langsung. Kategori ini berfokus pada kecepatan tendangan dalam waktu tertentu. Dengan sistem penilaian sesuai dengan world taekwondo.
 
“Pada kategori ini yang diperhatikan adalah kreativitas, keselarasan dan ekspresi dengan musik dan koreografi yang digunakan,” jelas Dwita.
 
Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Udinus Dr. Kusni Ingsih, M.M, ikut bangga dengan capaian mahasiswa Prodi S1 Manajemen itu. Dukungan dan apresiasi akan terus diberikan oleh pihak ke mahasiswa, salah satunya dengan beasiswa bagi para peraih medali di ajang nasional maupun internasional. 
 
“Harapannya para atlet Udinus bisa terus eksis hingga kancah internasional, untuk target ajang bergengsi selanjutnya ada Pekan Olahraga Nasional (POMNAS) XVII pada November 2022 mendatang di Sumatera Barat,” tutupnya. (Humas Udinus/Haris. Foto: Humas Udinus)

Last Update : 2 Juli 2022