S-3 PROGRAM DOKTOR ILMU KOMPUTER UDINUS BERHASIL LULUSKAN MAHASISWA DENGAN PREDIKAT CUMLAUDE


S-3 Program Doktor Ilmu Komputer (PDIK) Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang berhasil luluskan satu mahasiswa dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 4.0. Mahasiswa S-3 PDIK Udinus bernama Dr. Kristiawan Nugroho M.Kom berhasil meraih gelar Doktor berkat disertasinya berjudul ‘Pengenalan Pembicara Multietnik Berbasis Data Augmentation Deep Neural Network’ . 

Mahasiswa yang akrab disapa Kristiawan berhasil mempertahankan hasil disertasinya pada sidang terbuka yang digelar secara virtual melalui aplikasi zoom.  Sidang yang dipimpin oleh ketua penguji sekalIgus Wakil Rektor I Bidang Akademik Udinus, Prof. Dr. Supriadi Rustad , Msi mampu berjalan lancar dan tanpa gangguan teknis apapun. Dengan berhasilnya, Kristiawan pada sidang tersebut, menjadi lulusan pertama bagi S-3 PDIK Udinus di tahun ini.  

Saat ini, S-3 Program Doktor Ilmu Komputer, FIK Udinus  telah memiliki akreditasi ‘Baik Sekali’.  Akreditasi itu didapatkan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan nomor SK 11405/SK/BAN-PT/Akred/D/X/2021. Surat keputusan tersebut, telah diterbitkan oleh BAN PT sejak tanggal 5 Oktober 2021, dan akan berlaku hingga tanggal 5 Oktober 2026.  

Ketua Program Doktor Ilmu Komputer Udinus, Purwanto, S.Si, M.Kom, Ph.D menjelaskan bahwa S-3 PDIK Udinus memiliki berbagai keugulan yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa. Mulai dari kualitas pengajar yang mumpuni hingga sarana dan prasarana yang mampu menunjang para mahasiswa untuk kuliah dengan nyaman.   Hal itu terbukti dengan akreditasi yang dimiliki oleh S-3 PDIK Udinus yang telah terakreditasi ‘Baik Sekali’. 

Sidang terbuka yang digelar pada hari ini, menjadi lulusan pertama dari PDIK Udinus dan terbukti memiliki lulusan yang unggul. Ia juga mengucapkan selamat untuk Dr. Kristiawan Nugroho, M.Kom yang berhasil meraih gelar doktor dan mampu mempertahankan disertasinya di hadapan penguji.

“Kami berikan pendampingan dan pengajaran yang luar biasa kepada para mahasiswa S-3 PDIK Udinus. Bahkan para mahasiswa dari S-3 PDIK Udinus mampu mempublikasikan jurnal internasional terindeks Scopus Q1,” jelasnya. 

Sementara itu, Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir Edi Noersasongko, M.Kom yang mengikuti sidang terbuka S-3 PDIK Udinus,  turut bangga dan mengucapkan selamat atas capaian dari Kristiawan Nugroho. Rektor Udinus berpesan agar gelar doktor tersebut mampu memberikan manfaat dan kontribusinya bagi Indonesia.  Melalui S-3 PDIK, Udinus berkomitmen untuk terus berkontribusi mencerdaskan kehidupan bangsa dan melahirkan insan Indonesia yang kompetitif di dunia teknologi. 

“Kami sangat bangga dapat mendampingi mahasiswa S-3 di PDIK Udinus hingga meraih gelarnya. Melalui S-3 PDIK, kami berkomitmen untuk terus berkontribusi mencerdaskan kehidupan bangsa dan melahirkan insan Indonesia yang kompetitif di dunia teknologi,” tegas Rektor Udinus. 

 

Berhasil Pertahankan Disertasi

Dr. Kristiawan Nugroho M.Kom berhasil meraih gelar doktornya dan juga menjadi lulusan pertama di S-3 PDIK Udinus. Bahkan ia juga mampu menyandang predikat cumlaude dengan IPK sempurna yakni 4.0. Dalam sidang itu, ia mampu mempertahankan dan mempublikasikan disertasinya dengan judul ‘Pengenalan Pembicara Multietnik Berbasis Data Augmentation Deep Neural Network’. Menurut penjelasan Dr. Kristiawan Nugroho dalam risetnya, ia meneliti dan mengembangkan suatu sistem yang mampu mengenali multi etnis dengan melalui suara.

“Riset yang saya kembangkan tidak hanya dapat mengenali orang saja, tetapi dapat mengenali dari mana etnis orang tersebut berasal. Logat yang terdapat di setiap orang juga dapat langsung dideteksi oleh sistem yang saya kembangkan ini,” jelasnya.

Kristiawan mengaku bahwa S-3 PDIK Udinus memiliki sistem pembelajaran yang luar biasa dan para pengajar pun mampu mengarahkan para mahasiswanya untuk lulus dengan hasil yang memuaskan. 

“Saya  tak ragu saat mendaftar dan menjadi angkatan pertama di S-3 PDIK Udinus, hal itu karena Udinus adalah Kampus IT Terbaik di Jawa Tengah dan saya melihat akreditasi prodi serta institusi yang sangat baik,” ungkap Dr. Kristiawan Nugroho M.Kom 

Dalam pengembangan disertasi ‘Pengenalan Pembicara Multietnik Berbasis Data Augmentation Deep Neural Network’, ia dibimbing oleh tiga promotor yakni Prof. Dr. Ir Edi Noersasongko, M.Kom, Purwanto S.Si, M.Kom, Ph.D dan Dr. Muljono, S.Si, M.Kom. (*Humas Udinus/Alex. Foto: Alex Devanda)

 

 

Last Update : 6 Juli 2022