KENALKAN DUNIA KERJA, UDINUS CAREER CENTER GANDENG PARA ALUMNI


Career Center Universitas Dian Nuswantoro atau yang biasa disebut UCC memperkenalkan dunia kerja kepada mahasiswa baru Udinus, melalui webinar seriesnya. Webinar tersebut diperuntukan untuk mahasiswa baru semester dua dan empat yang digelar secara virtual.

Webinar series yang berlangsung selama empat kali berturut-turut tersebut melalui platform zoom meeting, pada 21-24 Februari 2022. Pada kegiatan tersebut, mahasiswa baru dibekali ilmu untuk mempersiapkan diri terjun ke dunia karir. Seperti pembuatan Curriculum Vitae (CV) yang menarik, melatih public speaking, hingga mendapatkan pengalaman langsung dari para alumni yang sudah sukses di dunia karir.

Alumni yang dihadirkan terbagi dari lima fakultas yang ada di Udinus, yakni alumni Fakultas Ilmu Komputer Udinus, Dimas Tofan Bagaskara sebagai 3D Generalist Rans Animation Studio, alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Udinus, Jesica Viranco sebagai IMAccounting Bromo Park Hotel Probolinggo, alumni Fakultas Ilmu Budaya Udinus, Riveria Amanda sebagai Illustrator dan Translator, alumni Fakultas Kesehatan Udinus, Firda Pratiwi, SKM sebagai HSE Departement PT Krakatau Steel (Persero) Tbk, serta alumni Fakultas Teknik Udinus, Zaenal Arifin, S.T., M.Eng sebagai Dosen Universitas DIan Nuswantoro.

Dalam sambutannya, Rektor Udinus Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko. M.Kom., mengucapkan rasa terima kasih kepada alumni atas perhatiannya kepada mahasiswa baru Udinus. Menurutnya webinar seperti ini sangat penting bagi mahasiswa yang masih belum mengetahui cara menghadapi dunia kerja. Alumni dari seluruh fakultas di Udinus inilah yang menjadi perwakilan representasi untuk menjadi role model bagi mahasiswa baru.

“Soft skill seperti ini akan menjadi menyeimbang untuk mahasiswa, karena tidak diajarkan di dalam kelas. Maka Udinus secara rutin akan menghadirkan alumni maupun pakar seperti ini untuk ikut membagikan ilmu soft skill mereka,” imbuh Rektor Udinus.

Kepala UCC sekaligus Ketua Panitia Webinar Dr. Sendi Novianto S.Kom, M.T dalam laporannya menyampaikan webinar series sebagai fasilitas yang diberikan oleh UCC. Seperti untuk menyiapkan mahasiswa maupun alumni dengan memberikan soft skill yang memadai untuk dapat terjun ke dunia karir. Hadirnya alumni ditujukan untuk membagi pengalaman mereka dapat menghadapi tantangan di dunia kerja.

“Sehingga harapannya, khususnya para mahasiswa Udinus bisa memiliki gambaran untuk kedepan bisa bekerja layaknya alumni-alumni Udinus lain yang sudah sukses. Semoga mahasiswa dapat memanfaatkan kesempatan secara maksimal,” pesannya.

Diikuti oleh kurang lebih 500 mahasiswa dan alumni Udinus, peserta terlihat antusias dengan banyaknya pertanyaan yang dilontarkan. Tanpa dipungut biaya sepeserpun, para peserta akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan e-sertifikat.

Dimas Tofan Bagaskara yang saat ini berkarir sebagai 3D Generalist Rans Animation Studio berpesan dalam menjalani kuliah harus ada satu bidang yang diminati. Menurutnya hal itu yang nanti akan menjadi senjata ketika akan melamar pekerjaan. Sesuai pengalamannya, seperti di Rans Animation Studio akan selalu berekspektasi dapat menyelesaikan pekerjaan dengan bagus dan cepat.

“Maka selain memiliki ilmu yang mumpuni, kepercayaan diri juga sangat diperlukan, serta menjaga komunikasi yang baik juga diperlukan. Selama berkuliah jangan lupa untuk mengumpulkan portofolio dari tugas maupun freelance yang dapat menjadikan nilai tambah ketika mendaftar pekerjaan,” pesannya. (Humas Udinus/Haris. Foto: Humas Udinus)

Last Update : 25 Juni 2022