DINUS ROVER SCOUT COMPETITION JADI AJANG BERTEMUNYA PRAMUKA PENEGAK DI SELURUH INDONESIA


Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang kembali hadir dalam ajang Dinusfest 2022. Dinus Rover Scout Competition 2022 merupakan lomba yang ditujukan untuk seluruh pramuka penegak tingkat SMA/SMK se-Indonesia. 
 
Kompetisi Dinus Rover Scout Competition bertujuan untuk menjalin silaturahmi pramuka-pramuka penegak yang ada di Indonesia. Serta untuk menyalurkan pengetahuan dan kemampuan kepramukaan yang mereka dapatkan di pangkalan masing-masing. Dinus Rover Scout Competition ini diikuti oleh sekitar 950 peserta. Jumlah tersebut terbagi dalam beberapa jenis lomba yakni  150 peserta Lomba Cepat Tepat Pramuka (LCTP), 150 peserta Teknologi Tepat Guna (TTG), 200 peserta Iklan Layanan Masyarakat (ILM), 50 orang Story Telling dan 400 peserta Joget Komando.
 
Ketua pelaksana lomba, Dwi Novita Putri  menjelaskan bahwa, tujuan dari ajang DRS tersebut, guna menyalurkan serta mengembangkan minat, bakat, serta kreativitas anggota Pramuka yang berpangkalan di SMA/SMK sederajat Se-Indonesia. Selain itu,  untuk meningkatkan rasa persaudaraan, menggalang persatuan, menambah pengalaman dan pengetahuan, serta meningkatkan rasa patriotisme Pramuka Penegak di wilayah Indonesia. DRS kali ini terdapat berbagai kategori lomba yang dapat dipilih oleh para peserta. 
 
“Ada hal yang berbeda dari tahun kemarin pastinya. Tahun kemarin kami hanya menyelenggarakan giat prestasi dengan 2 mata lomba yang dilombakan ke pesert, tetapi tahun ini kami bisa menyelenggarakan giat lainya seperti giat umum, giat wawasan dan giat prestasi,” ujar Dwi.
 
Ia pun berharap melalui beberapa mata lomba yang diadakan oleh UKM Pramuka, dapat membantu para peserta untuk menambah prestasi, ilmu serta dapat menyalurkan dan mengembangkan minat dan kreativitas para peserta. 
 
“Kegiatan ini juga dapat memupuk jiwa kepemimpinan dari para peserta. Antusiasme dari peserta juga besar semoga tahun depan dapat semakin banyak pesertanya,” harapnya. 
 
Dinus Rover Scout Competition diadakan pada 18 – 20 Februari 2022 dan dilakukan secara daring melalui Zoom Meeting. Dinusfest telah menjadi agenda tahunan milik kampus yang berjuluk Kampus IT Terbaik di Jawa Tengah. Kegiatan Dinusfest  diadakan 8 -22 Februari 2022.
 
Sementara itu, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Kusni Ingsih M.M., menyampaikan bahwa Dinus Festival sebagai ajang para siswa SMA dan sederajat untuk unjuk diri dan bersaing secara sportif. Selain siswa SMA juga terdapat peserta yang berasal dari kalangan mahasiswa. 
 
"Setiap peserta pastinya akan berusaha untuk memenangkan perlombaan atau kompetisi. Anak akan memahami bahwa ada menang dan kalah dalam perlombaan atau kompetisi. Disinilah timbul jiwa berkompetisi agar menjadi pemenang. Kami juga telah siapkan hadiah dan beasiswa bagi pemenang lomba," kata Wakil Rektor III Udinus. (Humas Udinus/Alex. Foto: Dok. UKM Pramuka Udinus)

Last Update : 1 Juli 2022