MELALUI AJANG ENDESIGN DINUSFEST, PESERTA DITANTANG MEMBERIKAN KEMAMPUAN TERBAIK DI DUNIA DESIGN 3D


Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTIN) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang gelar lomba Engineering Workshop and Design Competition (Endesign) bagi siswa SMA/SMK sederajat maupun mahasiswa. Ajang itu diikuti sekitar 100 peserta dan bersaing menjadi yang terbaik. 
 
Ajang Endesign diadakan pada 21 Februari 2022 melalui zoom meeting. Sebelumnya, peserta diberikan waktu untuk membuat karya pada 16-19 Februari 2022 dan mengumpulkan pada keesokan harinya melalui email yang telah  disediakan oleh panitia. Tak hanya ajang yang melatih sportivitas dan kreativitas saja, peserta juga diberikan workshop dengan tema ‘Improve Skills and Create Innovation in Engineering Design During Pandemic for Industry 4.0 and 5.0’ yang dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2022. 
 
Dalam wawancaranya, salah satu ketua pelaksana Endesign, Arshinta Wilda Aulia  menjelaskan tujuan utama lomba Endesign sebagai sarana yang diperuntukan untuk siswa-siswi SMA/SMK maupun mahasiswa. Yang memiliki keahlian di bidang desain 3D, untuk menguji kemampuan mereka di bidang tersebut. Tambahnya, Kategori lomba pada ajang itu dibagi menjadi dua kategori yaitu kategori mahasiswa dan kategori siswa SMA/SMK. 
 
“Peserta dalam ajang itu wajib menguasai desain 3D menggunakan software Autodesk berupa inventor dan AutoCAD. Kami berharap untuk para peserta lomba, karya yang sudah di rancang oleh peserta dapat direalisasikan di masyarakat,” jelasnya. 
 
Sementara itu, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Kusni Ingsih M.M., menyampaikan bahwa Dinus Festival (Dinusfest) sebagai ajang para siswa SMA/SMK sederajat untuk unjuk diri dan bersaing secara sportif. Selain siswa SMA/SMK juga terdapat peserta yang berasal dari kalangan mahasiswa. 
 
"Setiap peserta pastinya akan berusaha untuk memenangkan perlombaan atau kompetisi. Anak akan memahami bahwa ada menang dan kalah dalam perlombaan atau kompetisi. Disinilah timbul jiwa berkompetisi agar menjadi pemenang. Kami juga telah siapkan hadiah dan beasiswa bagi pemenang lomba," kata Wakil Rektor III Udinus.
 
Endesign menjadi satu ajang yang terdapat pada Dinus Festival 2022. Kegiatan Dinusfest diikuti 3.712 peserta yang berasal dari SMA/SMK hingga mahasiswa. Dinusfest telah menjadi agenda tahunan milik kampus yang berjuluk Kampus IT Terbaik di Jawa Tengah. Kegiatan Dinusfest  diadakan 8 -22 Februari 2022. (Humas Udinus/Alex. Foto: Dok. HMTIN)

Last Update : 2 Juli 2022