PULUHAN DEVELOPER MUDA DI INDONESIA JAJAL KEMAMPUAN DALAM KEMBANGKAN APLIKASI DI DINACOM 2022


Pengembangan startup digital di Indonesia memberi angin segar bagi para pengembang aplikasi (developer), terutama mereka yang masih di bangku Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Pasalnya melalui Dinus Application Competition (Dinacom),  dapat  menjadi ajang menjajal kemampuan bagi developer muda di seluruh Indonesia.

 

Dinacom yang merupakan ajang milik Dian Nuswantoro Computer Club (DNCC), sebuah unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) milik Universitas Dian Nuswantoro (Udinus), menjadi perlombaan bagi para  pengembang terbaik dari berbagai daerah untuk menciptakan inovasi sekreatif mungkin. Kegiatan tersebut diselenggarakan secara online melalui aplikasi zoom meeting. Dinacom pada tahun ini diikuti sekitar 63 peserta dari berbagai kota di Indonesia, dua di antaranya yakni Surabaya dan Jakarta. Ajang Dinacom tahun ini mengambil tema yakni ‘Striving The New Normal With Tech Innovation’ dan aplikasi dari apra peserta wajib sesuai dengan tema tersebut. Sementara untuk webinar Dinacom yang mengambil tema  ‘Rahasia Memasarkan Produk Aplikasi yang Bernilai Puluhan Juta’ diikuti lebih dari 150 peserta. 

 

Ketua acara Dinacom 2022, Muhammad Irfan Zidni mengatakan pada Dinacom 2022, memiliki perbedaan dibandingkan Dinacom pada tahun-tahun sebelumnya, dimana pada gelaran tahun ini  hanya dikhususkan untuk para pelajar SMA/SMK sederajat. Perbedaan mencolok lainnya terdapat pada kategori lomba, pada tahun ini  terdapat kategori UI/UX (User Inteface/ User Experience). Ungkap Irfan, tujuan utama diselenggarakan Dinacom merupakan ajang untuk menguji kemampuan dan kreativitas dalam merealisasikan aplikasi.  Para peserta juga diharuskan mampu menjawab masalah yang terjadi di lingkungan sekitar. 

 

”Pada ajang Dinacom sebelumnya, dimana kategori lomba hanya terdapat kategori web appsmobile apps, dan desktop apps, pada tahun ini kami tambah satu kategori baru. Dinacom merupakan ajang perlombaan tahunan kami yang sudah berjalan sejak tahun 2014 silam,” tuturnya.

 

Dinacom juga dijadikan sebagai kontribusi Udinus dalam mengakomodir developer muda yang kreatif dan berbakat. Para peserta yang berhasil lolos dalam ajang ini juga mendapatkan ilmu dan nasehat yang berguna untuk pengembangan aplikasi yang mereka buat ke depannya. 

 

”Udinus selalu identik dengan IT, dan kegiatan Dinacom yang diselenggarakan DNCC ini mengakomodir para developer baru secara nasional. Semoga Udinus dapat selalu berkontribusi positif bagi Indonesia,” ujar Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Udinus, Dr. Kusni Ingsih, MM. (*Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)

Last Update : 1 Juli 2022