DINUS PHOTOWALK JADI AJANG SISWA BEREKSPRESI DALAM FOTO MAUPUN PODCAST


Lebih dari 90 peserta dari berbagai jenjang dari mulai siswa SMA dan sederajat hingga mahasiswa berlomba menampilkan foto terbaik mereka dan kemampuan dalam memandu podcast. Ajang tahunan ‘Dinus Photowalk’ merupakan rangkaian acara Dinusfest yang dilaksanakan oleh Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang yang berlangsung pada 12 Februari 2022 lalu.

 

Kegiatan yang sudah berlangsung selama enam tahun tersebut merupakan agenda tahunan dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pers Kampus Udinus ‘Wartadinus’. Tahun ini, tema yang diusung yaitu ‘Peduli Perempuan Indonesia’. Peserta mengirimkan foto sesuai tema yang telah diberikan. Selain itu terdapat juga lomba podcast yang melibatkan tim. Dalam ajang Photowalk dari tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, perbedaan itu terlihat  dengan adanya Virtual Exhibition yang menampilkan karya-karya peserta lomba fotografi secara virtual.

 

Dinda Syaqila Andryani selaku ketua pelaksana menyatakan bahwa tema tersebut berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tema tersebut sebagai campaign mereka untuk kepedulian sosial. Campaign dengan tema 'Peduli Perempuan Indonesia' dilakukan dengan tujuan untuk mengajak peserta aware dengan lingkungan dan fenomena perundungan terhadap perempuan. 

 

“Tahun ini tema tidak hanya fokus pada perlombaan yang ada di Dinusfest. Tapi lebih berfokus pada kegiatan sosialnya, dengan begitu peserta diharapkan lebih peka terhadap kehidupan sosial di sekitar mereka,” ujar mahasiswi Program Studi (Prodi) S1 Biomedis Udinus itu.

 

Foto maupun podcast yang sudah diambil oleh peserta nantinya ditampilkan di instagram masing-masing dengan diberikan caption sesuai arahan panitia. Nantinya foto dan video terbaik akan dipamerkan setelah diseleksi oleh panitia Wartadinus. Penilaian lomba fotografi dilakukan oleh Imam Supriyono beliau merupakan Profesional Stage Photographer. Sementara itu, kategori lomba podcast dinilai oleh Pradipta Nugrahanto beliau merupakan CEO & Co-Founder Paberik Soeara Rakjat. 

 

Sementara itu, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Kusni Ingsih M.M., menyampaikan bahwa Dinus Festival sebagai ajang para siswa SMA dan sederajat untuk unjuk diri dan bersaing secara sportif. Selain siswa SMA juga terdapat peserta yang berasal dari kalangan mahasiswa. 

 

"Setiap peserta pastinya akan berusaha untuk memenangkan perlombaan atau kompetisi. Anak akan memahami bahwa ada menang dan kalah dalam perlombaan atau kompetisi. Disinilah timbul jiwa berkompetisi agar menjadi pemenang. Kami juga telah siapkan hadiah dan beasiswa bagi pemenang lomba," kata Wakil Rektor III Udinus.

 

Dinus Photowalk menjadi satu ajang yang terdapat pada Dinus Festival 2022. Kegiatan itu Dinusfest diikuti 3712 peserta yang berasal dari SMA dan sederajat hingga mahasiswa. Dinusfest telah menjadi agenda tahunan milik kampus yang berjuluk Kampus IT Terbaik di Jawa Tengah. Kegiatan Dinusfest  diadakan 8 -22 Februari 2022.(*Humas Udinus/ Alex. Foto: Humas Udinus)

Last Update : 25 Juni 2022