SEMINAR DISEMINASI, DUA DOSEN UDINUS PAPARKAN PENELITIAN PADA SAMPEL PERUSAHAAN MANUFAKTUR


Seminar Diseminasi menjadi agenda rutin bagi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang. Kegiatan itu menjadi upaya pertanggungjawaban akademik bagi para dosen untuk menunjukkan hasil penelitiannya kepada dosen lainnya maupun mahasiswa. 

 

Dalam pemaparan kali ini, disampaikan oleh dua dosen fakultas yang terakreditasi A tersebut secara daring melalui platform Zoom meeting. Dalam diseminasi yang diikuti oleh kurang lebih 50 peserta itu dimoderatori oleh dosen Program Studi (Prodi) S1 Manajemen Udinus, Foza Hadyu Hasanatina SE, M.Sc

 

Penelitian pertama dipaparkan oleh Ririh Dian Pratiwi, SE., M.Si., Ak, CA., CFMA, dengan judul penelitian ‘The Role of Corporate Governance in Influencing the Relationship between Intellectual Capital and Financial Performance in the VUCA Era’ 

 

Pada penelitiannya, Ririh membuktikan bahwa modal intelektual menjadi sumber daya utama untuk mencapai tujuan strategis perusahaan untuk jangka panjang. Dengan 141 sampel perusahaan manufaktur go public periode 2017-2019, dalam penelitiannya membangun sebuah model baru yang menambahkan tata kelola perusahaan. 

 

Sebagai pembaharu penelitian Ia menambahkan tiga  proxy yang belum disinggung dalam penelitian sebelumnya, yakni dewan komisaris independen, kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional.

 

“Setelah kami teliti didapatkan hasil bahwa hanya dewan komisaris independen terbukti tidak signifikan, karena di Indonesia hubungan komisaris dengan perusahaan ternyata tidak berafiliasi secara langsung,” jelas Dosen Prodi S1 Akuntansi Udinus tersebut..

 

Selanjutnya, diseminasi kedua yang mengusung judul ‘Profitability Factor in Boosting The Company’s Value During Pandemic Spreads’, disampaikan oleh Ana Kadarningsih, SE., MM., Akt, CA. 

 

Penelitian pada 13 perusahaan manufaktur di sektor bisnis makanan dan minuman tersebut membuktikan profitabilitas dapat menjadi mediasi antara variabel yang diteliti. Ketiga variabelnya yakni likuiditas, perputaran modal kerja dan ukuran perusahaan. Dalam penelitiannya terlihat bahwa penurunan kinerja keuangan dalam rasio likuiditas tidak dipengaruhi oleh pasar.

 

“Disini terkonfirmasi bahwa mediasi profitabilitas harus ada untuk menghubungkan ketiga variabel yang diteliti terhadap kinerja pemasaran dari perusahaan. Terbukti bahwa kinerja keuangan dapat menjelaskan bagaimana pengaruhnya terhadap kinerja perusahaan,” papar dosen Prodi S1 Manajemen Udinus tersebut.

 

Selain diseminasi, terdapat tamu spesial dari Rumah Sakit Columbia Asia dan Panin Insurance yang memberikan wawasan seputar risiko dan akibat dari omicron. Materi tersebut disambut antusias oleh dosen dan mahasiswa di lingkungan FEB Udinus dengan banyaknya pertanyaan yang dilontarkan.(*Humas Udinus/Haris. Foto: Humas Udinus)

 

 

Last Update : 26 Juni 2022