REKTOR UDINUS: PERGURUAN TINGGI BERPERAN PENTING PADA PERKEMBANGAN MEDIA SOSIAL


“Peran perguruan tinggi menghadapi perkembangan era digital ialah mengajarkan mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa untuk memanfaatkan media sosial dari sisi positifnya, seperti menjadi influencer yang memberikan keuntungan tidak hanya untuk diri sendiri tapi juga masyarakat,” papar Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom, pada Talkshow 4 Rektor yang diselenggarakan secara daring, pada Rabu, 16 Februari 2022. 

 

Pada talkshow tersebut, Rektor Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) yang akrab disapa Prof. Edi memaparkan bahwa perkembangan zaman diikuti dengan perkembangan media sosial yang pesat. Melalui perkembangan itu, saat ini semua orang bisa menjadi wartawan. Melalui media sosial siapa saja bisa membagikan foto, video maupun cerita apapun. 

 

“Sekarang ini siapa pun dapat memanfaatkan media sosial untuk menyampaikan berita atau cerita menarik mereka, contohnya di youtube dan instagram siapa pun bisa menghasilkan uang ketika dimanfaatkan dengan benar,” ungkapnya. 

 

Rektor kampus yang dikenal sebagai kampus IT terbaik di Jawa Tengah itu mengajak untuk menanamkan pemikiran ‘makan enak, tidur nyenyak’. Menurutnya disinilah peran perguruan tinggi sangat diperlukan, untuk memberikan pandangan positif kepada mahasiswa. Untuk lebih berhati-hati dalam bersikap di media sosial, karena ganjarannya tidak hanya pada diri sendiri melainkan kerabat sekitar juga. 

 

“Ketika seseorang berbuat sesuatu yang melanggar Undang-undang Informasi Dan Transaksi Elektronik (ITE), maka pikiran mereka sudah tidak tenang. Parahnya lagi ketika mendapat ganjaran di penjara, rasa malu akan ditanggung seluruh keluarganya,” pesan Prof. Edi. 

 

Mengatasi permasalahan tersebut, Prof Edi memaparkan bahwa di Udinus kurikulum kewirausahaan yang memanfaatkan media sosial menjadi hal wajib. Setiap fakultas di perguruan tinggi dengan akreditasi A itu akan mendapatkan materi kewirausahaan. Tidak hanya berupa teori di dalam kelas, setiap semesternya mahasiswa juga akan diajak berjualan dan mengikuti expo kampus. 

 

“Kami juga rutin menghadirkan praktisi wirausahawan untuk meracuni mahasiswa Udinus dengan pengalaman mereka di dunia industri,” tambah Prof Edi.

 

Talkshow yang diselenggarakan melalui platform Zoom meeting tersebut juga menghadirkan 3 Rektor lain dari perguruan tinggi swasta di Semarang. Kegiatan yang mengusung tema ‘Refleksi Hari Pers Nasional’ diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) dan HUT Ke-76 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tahun 2022. 

 

Dalam sambutannya, Ketua PWI Jawa Tengah, Amir Machmud NS. menyampaikan bahwa talkshow sebagai upaya silaturahmi antar wartawan dengan akademisi. Ia ingin merangkul kerabat akademisi untuk memikirkan hal-hal terkait kondisi bangsa. 

 

“Kami merasakan kekeruhan ruang digital yang luar biasa, harapannya saran-saran jernih dari para Rektor yang merupakan senior kami dapat memberikan pandangan pandangan baru,” harapnya. (*Humas Udinus/Haris. Foto: Dok Youtube TVKU)

Last Update : 3 Juli 2022