DINUS CHESS INTERNASIONAL ONLINE TOURNAMENT PERTEMUKAN RIBUAN PESERTA CATUR


Dinus Chess Internasional Online Tournament telah sukses digelar dengan diikuti 1.551 peserta secara online, pada Minggu (13/2/2022). Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari Dinus Festival (Dinusfest) yang diinisiasi oleh UKM Catur Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang.

 

Ajang yang diikuti ribuan peserta, dibuka dengan catur simultan yang digelar sebagai pembuka Dinus Chess International Online Tournament. Catur simultan tersebut menghadirkan Grand Master Susanto Megaranto melawan 20 pecatur sekaligus. Berbagai pecatur dari Rusia hingga dari Turkmenistan turut meramaikan dan bersaing di ajang Dinus Chess International Online Tournament.

 

Dalam wawancaranya, Ketua UKM Catur Udinus, Ardian Shandy menjelaskan bahwa kompetensi yang di gelar menggunakan sistem pertandingan internasional. Selain itu, hasil kompetisi akan diupload di e-Chess Website. Menurut Ardian catur simultan ini sebagai bukti jika Udinus mampu menggelar kompetisi di tingkat internasional. 

Pada Dinus Chess Internasional Online Tournament, sistem perlombaan internasional yaitu Swiss Manager. Melalui sistem itu, ribuan peserta akan bermain sebanyak 13 kali. Bagi para pemenang  akan bertemu pemenang lainnya, sementara yang remis bertemu remis. 

 

“Bagi yang menjadi  juara akan kami nilai dari dari skor tertinggi. Kami juga akan memberikan hadiah yang menarik bagi para pemenang. Ajang ini menjadi ajang bergengsi yang mempertemukan antar pecatur dari nasional maupun internasional,” jelasnya. 

 

Pada perlombaan ini, Komunitas Catur Udinus menggandeng juri dan juga wasit yang sudah ahli di bidang catur. Memiliki karir sebagai wasit turnamen catur nasional, Drs. Heris Kencana TJ. MSi, memegang peran sebagai kepala wasit, bersama dengan Pelatih PON Catur Jawa Timur, National Arbiter MN Heri Darmanto S.Kom, M.Kom, dan Humas Percasi Kota Tegal, Drs. Tibertius Mario Manapode. Hasil pertandingan diharapkan bisa sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan.

 

Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir Edi Noersasongko, M.Kom mengapresiasi atas terselenggaranya kompetisi catur internasional dengan Udinus sebagai tuan rumah. Rektor Udinus berharap kompetisi ini memperkuat posisi Udinus sebagai pilihan kampus para atlet.

“Kami harap nantinya akan lahir grand master-grand master catur yang berasal dari Udinus. Menghadapi langsung seorang 'grand master' dalam perlombaan catur ini menjadi pengalaman tersendiri bagi sivitas akademika Udinus,” imbuhnya.  

 

Sebagai informasi Dinusfest diikuti 3712 peserta yang berasal dari SMA/ SMK hingga mahasiswa. Dinusfest telah menjadi agenda tahunan milik kampus yang berjuluk Kampus IT Terbaik di Jawa Tengah. Kegiatan Dinusfest  diadakan 8 -22 Februari 2022. (*Humas Udinus/Alex. Foto: Dok. Humas Udinus)

Last Update : 27 Juni 2022