UDINUS TERIMA KUNJUNGAN DARI SMA/SMK ASAL CIREBON DAN SAMARINDA


Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang terima kunjungan dua sekolah menengah dan sederajat  yakni Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Jamblang Cirebon dan Sekolah Menengah Atas (SMA) Fastabiqul Khairat Samarinda. Kunjungan tersebut para siswa diberikan berbagai materi seputar program studi yang ada di Udinus. 
 
Dua sekolah itu melakukan kunjungan di hari yang berbeda, dimana Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Jamblang Cirebon melakukan kunjungan pada 7 Februari 2022. SMK asal Cirebon tersebut diterima oleh Fakultas Teknik Udinus. Sedangkan, Sekolah Menengah Atas (SMA) Fastabiqul Khairat Samarinda melakukan kunjungan pada keesokan harinya pada 8 Februari 2022 lalu dan diterima oleh Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Udinus. 
 
Pada kunjungan pertama, SMKN Jamblang juga melakukan  kunjungan ke laboratorium sistem produksi yang ada di Udinus. Disana, para siswa diperlihatkan cara mengoperasikan dan kerja dari robot yang diproduksi oleh FT Udinus. Berbagai inovasi yang ada di FT Udinus juga diperlihatkan keapda para siswa SMKN Jamblang Cirebon. 
 
Sementara, SMA Fastabiqul Khairat Samarinda dalam kunjungan itu dijabarkan mengenai dua program studi yakni S-1 Teknik Informatika dan S-1 Sistem Informasi. Antusiasme yang luar biasa dari siswa asal Samarinda itu  ditunjukkan dengan banyaknya pertanyaan yang diberikan oleh siswa selepas perwakilan dari Prodi melakukan presentasinya. 
 
Dalam wawancaranya, Wakil Dekan Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Udinus yang didaulat untuk mengisi materi mengenai Fakultas dan Universitas, Affandy M.Kom, Ph.D  memaparkan berbagai program studi yang ada di Udinus. Menurutnya melalui kunjungan seperti itu, para siswa dapat melihat secara langsung dan menentukan jurusan apa yang menjadi minatnya. Tambah Affandy,  perkembangan zaman di era sekarang , ilmu pengetahuan tidak hanya diterapkan secara linier saja. 
 
“Sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa siswa dari kedua sma dan smk itu nantinya melanjutkan pendidikannya di Udinus. Kami harap pemaparan dari para dosen mampu memberikan gambaran mengenai dunia perkuliahan,” imbuhnya.
 
Perwakilan guru di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Jamblang Cirebon, Dr, Sugiyanto, M.Kom merasa terkesan dengan fasilitas yang dimiliki oleh Udinus khususnya di Fakultas Teknik Udinus. Ia berharap melalui kunjungan ke Udinus, para siswa dapat mendapatkan informasi mengenai jurusan yang akan siswa ambil nantinya. 
 
“Siswa-siswi dari SMK kami antusias sekali ya tadi melihat fasilitas dan berbagai inovasi di Udinus. Udinus juga memiliki sarana dan prasarana yang lengkap,” tutupnya. (Humas Udinus/Alex. Foto : Humas Udinus)

Last Update : 28 Juni 2022