SOROTI PENGARUH INCOME INCREASING DI PERUSAHAAN MANUFAKTUR, RETNO BERHASIL RAIH GELAR DOKTOR


Berfokus dalam bidang manajemen laba, Dr. Retno Indah Hernawati SE, M.Si berhasil raih gelar doktor di bidang tersebut. Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang itu berhasil mempertahankan disertasinya dihadapan penguji di Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi, Pascasarjana Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.
 
Disertasi yang ia pertahankan yakni tentang Pengaruh Income Increasing Pada Nilai Perusahaan Masa Depan:Transfer Kesejahteraan Potensial Sebagai Mediasi. 
Keberhasilan Dr. Retno Indah Hernawati SE, M.Si mendapatkan sambutan positif dari seluruh staf pengajar Udinus, khususnya di FEB Udinus. Atas capaian itu, Dekan FEB Udinus, Prof. Vincent Didiek Wiet Aryanto MBA, Ph.D berharap menjadi motivasi bagi dosen lainnya untuk meningkatkan jenjang pendidikannya. 
 
“Untuk memantapkan visi dan misi Udinus, kualitas tenaga pengajar terus menjadi prioritas kami. Dengan bertambah nya satu lagi dokter di awal tahun 2022 ini, juga menambah kepercayaan masyarakat terhadap Udinus,” tuturnya 
 
Dalam disertasinya, Dr. Retno Indah Hernawati SE, M.Si ia memperdalam topik sesuai dengan bidang ajarnya, topik itu juga ia angkat untuk meluruskan adanya salah persepsi pada manajemen laba. 
 
“Dalam disertasi ini saya membuktikan bahwa manajemen laba tidak hanya diartikan sebagai upaya untuk mengelola laba, namun menjadi bagian dari strategi manajemen untuk menciptakan nilai bagi perusahaan,” imbuhnya.
 
Doktor di bidang ilmu ekonomi yang baru saja menjabat sebagai sekretaris Program Studi S-1 Akuntansi FEB Udinus menjelaskan, ia berfokus meneliti income increasing yang sering dianggap sebagai bentuk perilaku oportunities. Berdasarkan disertasinya, perusahaan tidak hanya sekedar menaikan keuntungan saja tanpa adanya strategi. Mereka harus berhati-hati dan memperhatikan kepentingan stakeholder nya.
 
 
“Dari perusahaan manufaktur yang saya teliti, ketika melakukan income increasing disusun dengan memperhatikan berbagai pihak seperti pemerintah, debitur hingga pajak. Dengan tujuan menyelaraskan informasi laba yang didapat terhadap seLuruh stakeholder Perusahaan,” tambah Retno Indah
 
Sebelumnya Dr. Retno Indah Hernawati SE, M.Si juga sudah meneliti tentang manajemen laba, hal itu ia memang ia anggap menarik karena sering diekspresikan sebagai perilaku negatif. Sedangkan laba itu harus dikelola dengan hati-hati supaya memberikan manfaat yang maksimal, tidak hanya sedekat memperoleh keuntungan pribadi.
 
Dengan raihan gelar doktor tersebut, ia berharap dapat menyajikan manajemen laba yang masih sangat luas ke dalam akademik. Sehingga dalam hal mengedukasi ia dapat memberikan informasi yang seimbang, tidak hanya dari praktisi dan akademis saja. Untuk mengurangi adanya salah paham khususnya dalam teori earning management.
 
“Saya ingin tetap berfokus meneliti earning management, semoga ilmu ini bisa terus saya kembangkan untuk meraih gelar pendidikan yang lebih tinggi lagi yakni profesor,” harapnya. (Humas Udinus/Haris. Foto: Humas Udinus)

Last Update : 1 Juli 2022