USTADZ WIJAYANTO AJAK SIVITAS AKADEMIKA UDINUS UNTUK JAGA HATI DENGAN SILATURAHMI


Khataman Online Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang sudah memasuki putaran ke 170, Dalam khataman tersebut diwarnai tausiyah dari Ustadz Drs. H. Wijayanto, MA yang mengingatkan seluruh sivitas akademika Udinus untuk menjaga hati lewat silaturahmi.
 
Dalam tausiyahnya, Ustadz Wijayanto mengingatkan bahwa hati umat manusia lebih penting daripada perbuatannya. Semua perbuatan baik seseorang tidak akan ada artinya ketika hati dibalut dengan dengki dan hasad. Sifat buruk hati seseorang dalam istilah kekinian ia sebut sebagai ‘SMS’, yang memiliki arti yakni senang melihat orang lain susah, susah melihat orang lain senang.
 
“Hati-hati ketika kita memiliki sifat hasad, karena semua perbuatan baik tidak akan ada artinya ketika hati kita terselimuti sifat buruk termasuk rasa iri,” jelasnya.
 
Dia menambahkan, silaturahmi bisa menjadi satu aktivitas yang untuk menjaga hati umat manusia. Melalui silaturahmi perasaan dengki dan hasad akan teralihkan dengan perasaan positif. Ustadz Wijayanto juga menyampaikan bahwa pahala membaca Al-Quran dan doa sangatlah luar biasa, terlebih ketika dilakukan bersamaan dengan silaturahmi.
 
“Ketika membaca Al-Quran hati akan menjadi tenang, ditambah adanya silaturahmi seperti yang rutin dilakukan Udinus melalui kegiatan khataman ini. Pahala yang didapat akan berlipat-lipat dan hati terjauh dari rasa dengki dan hasad,” puji Ustadz Wijayanto.
 
Khataman yang rutin diselenggarakan oleh Udinus itu rutin dilaksanakan setiap hari Senin dan Kamis, melalui aplikasi zoom meeting. Diikuti oleh kurang lebih 300 jamaah, pada khataman putaran ke-170 dimulai dengan membaca surat pendek dari Surah Ad-Dhuha sampai Surah Al-Lahab.
 
Kegiatan itu juga diikuti oleh Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko M.Kom, bersama dengan Wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof. Dr. Supriadi Rustad M.Si, Wakil Rektor IV Bidang Riset dan Kerja Sama Dr. Pulung Nurtantio Andono S.T, M.Kom, serta seluruh sivitas akademika Udinus lainnya.
 
Dalam sambutannya, Rektor Udinus Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom., ungkapkan rasa terima kasihnya atas kehadiran Ustadz Wijayanto yang mewarnai khataman malam itu. Meski bukan perguruan tinggi agama, Ia berharap Udinus dapat terus melaksanakan kegiatan khataman.
 
“Kami berharap khataman Al-Quran ini dapat mendekatkan diri seluruh sivitas akademika Udinus dengan Allah SWT, selain khataman juga ada tausiyah dan ramah tamah yang ditujukan untuk mempererat tali silaturahmi seluruh karyawan dan mahasiswa Udinus,” tutupnya. (Humas Udinus/Haris. Foto: Humas Udinus)

Last Update : 1 Juli 2022