TERIMA KUNJUNGAN KE UDINUS, SMK TEKOM MBM RAWALO BANYUMAS KENALI LABORATORIUM TERBESAR DI JAWA TENGAH


SMK Teknik Komputer (Tekom) MBM Rawalo Banyumas kunjungi Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang sebagai langkah untuk mengenalkan siswa mengenai dunia kampus. Kunjungan oleh siswa jurusan Teknik Komputer & Jaringan (TKJ) itu diterima oleh Program Studi (Prodi) S1 Teknik Informatika Udinus. 
 
Dalam kunjungan yang tetap mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker dan mengimplementasikan aplikasi peduli lindungi, tersebut diikuti oleh 123 siswa SMK Tekom MBM. 
 
Wakil Dekan Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Udinus, Affandy M.Kom, Ph.D dalam kesempatan tersebut paparkan beberapa prodi di FIK Udinus. Ia menyampaikan melalui kunjungan seperti itu, siswa dapat melihat fasilitas kampus secara langsung. Menurutnya dengan perkembangan zaman di era sekarang, mahasiswa dituntut untuk mendapat ilmu teknologi yang terbaharui. Beberapa fasilitas juga seperti adanya 13 laboratorium dengan masing-masing berisikan 40 komputer menjadi unggulan bagi Udinus.
 
“Udinus menjadi perguruan tinggi swasta terakreditasi A di Jawa Tengah, selain itu FIK Udinus saat ini juga sudah menyandang akreditasi A. Laboratorium kami juga menjadi yang terbesar di Jawa Tengah siap untuk menunjang perkuliahan mahasiswa Udinus,” imbuhnya.
 
Ketua Prodi S-1 Teknik Informatika Udinus, Dr. Muljono S.Si, M.Kom menjelaskan bahwa di Udinus rutin memantau aktivitas akademik maupun non-akademik dari mahasiswa. Hal itu dapat dipantau melalui sistem yang telah dibuat oleh Udinus, yakni website Sistem Informasi Akademik Udinus (SiAdin). 
 
“Melalui website itu, kami juga memfasilitasi orang tua/ wali untuk tetap memantau akademis dari putra putrinya. website itu dapat diakses dimana saja dan kapan saja melalui selama terdapat jaringan internet,” jelasnya. 
 
Pada kesempatan itu, siswa SMK jurusan TKJ berkesempatan melihat fasilitas di laboratorium komputer Udinus yang terletak di gedung D lantai 2. Mereka juga diajak berkeliling melihat proses produksi berita maupun acara hiburan di TVKU yang terletak di gedung E lantai 2 Udinus.
 
Sementara itu, salah satu perwakilan guru, Cipto S.Pd berharap studi banding ini menjadi awal dari kerja sama kedepannya dengan Udinus. Ia mengucapkan terima kasih kepada Prodi TI yang telah menerima SMK Tekom dan memberikan gambaran terhadap Udinus.
 
“Kunjungan ini menjadi agenda tahunan kami, untuk memberikan motivasi kepada para siswa dengan berkunjung ke kampus-kampus, salah satunya di Udinus. Sehingga mereka dapat melihat lebih dekat passion apa yang akan ditekuni,” tutupnya. (Humas Udinus/Haris. Foto : Humas Udinus)

Last Update : 25 Juni 2022