EMPAT MAHASISWA UDINUS RAIH BEASISWA MBUS UNTUK AMBIL MATA KULIAH DI LUAR NEGERI


Empat mahasiswi Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang berhasil lolos dan menerima Beasiswa Mendikbudristek Merdeka Belajar Untuk Semua (MBUS). Melalui beasiswa tersebut, nantinya mahasiswi Udinus dapat mengambil mata kuliah dari berbagai universitas negeri maupun swasta papan atas di Indonesia maupun universitas ternama luar negeri. 
 
Universitas - universitas yang dituju merupakan universitas yang memiliki ranking tinggi baik di dalam maupun luar negeri. Universitas luar negeri seperti Harvard University, Washington University, The Hong Kong of Polytechnic university, Adelaide University, dan banyak lainnya. Sedangkan dalam negeri satu diantaranya seperti di Universitas Diponegoro Semarang.
 
Ketiga mahasiswi dari Program Studi S-1 Bahasa Inggris Udinus yang berhasil mendapatkan beasiswa MBUS yakni Dyah Mustikasari, Stefani Ernes Adistidan Annisa Agustina. Lalu satu mahasiswi dari Program Studi S-1 Desain Komunikasi Visual Udinus RR. Almiera Cindakara. Melalui beasiswa itu, nantinya mereka mendapatkan kesempatan untuk kuliah secara daring di universitas yang dipilih oleh mahasiswi tersebut. 
 
Dalam wawancaranya mengenai beasiswa MBUS, Tim Koordinator Kemahasiswaan FIB Udinus, Setyo Prasiyanto Cahyono mengatakan bahwa mahasiswa dapat memilih lima mata kuliah yang sesuai dengan bidangnya.  Nantinya mereka  memilih setidaknya dua universitas dari luar negeri dan tiga universitas dalam negeri. Ungkapnya, terdapat beberapa kriteria yang harus dimiliki mahasiswa dalam mengikuti beasiswa tersebut,  satu  diantaranya telah menginjak semester lima. Selain itu memiliki IPK minimal  3.00. Hal itu dibuktikan dengan transkrip nilai dan Kartu Hasil Studi (KHS) dari semester satu hingga empat. 
 
“Dari syarat itu yang paling utama mereka harus memiliki sertifikat bahasa Inggris seperti TOEFL dengan score minimal 475 atau IELTS dengan skor minimal  4.5,” ungkapnya. 
 
Dekan Fakultas Ilmu Budaya Udinus, Dr. Raden Arief Nugroho SS., M.Hum berharap mahasiswa yang lolos tersebut dapat mengikuti proses belajar dengan baik dan lancar. Sebuah kebanggaan bagi Udinus karena mahasiswi Udinus akan mengikuti perkuliahan di satu diantara universitas terbaik di dunia yaitu di Harvard University. Universitas tersebut merupakan universitas impian sejuta umat di dunia. Selain itu, mereka juga dapat memberikan hasil yang terbaik dan membawa nama Udinus di kancah Internasional.
 
“Kami harap mereka juga dapat memberikan hasil yang terbaik dan membawa nama Udinus  di kancah Internasional. Kami turut bangga dengan prestasi dari mahasiswi yang berhasil lolos tersebut,” harapnya.  
 
Pendaftaran program MBUS dibuka pada bulan November-Desember 2021 lalu. Kemudian proses seleksi program dilaksanakan pada tanggal 11-14 Januari 2022. Sementara itu, hasil seleksi diumumkan pada tanggal 17 Januari 2022. (Humas Udinus/Alex. Foto : Humas Udinus)
 

Last Update : 2 Juli 2022