FIB UDINUS PERDALAM STRATEGI PEMBUATAN PROPOSAL LEWAT WORKSHOP SERI LOKAKARYA


“Ketika membuat sebuah proposal penelitian harus memperhatikan beberapa faktor seperti memuat topik populer, mencermati format pembuatan proposal, dan juga memperhatikan penggunaan bahasa,” tegas Dr. Kundharu Saddhono, M.Hum., Dosen Universitas Sebelas Maret. Dalam workshop ‘Strategi Lolos Proposal Hibah Kompetitif Nasional’ yang diikuti oleh Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang. 
 
Dalam pemaparannya Dr. Kundharu membagikan pengalamannya selama membuat proposal dan menjadi reviewer proposal. Saat ini terhitung sudah lebih dari 26 hibah penelitian sukses ia jalankan. Menurutnya salah satu faktor penting dalam membuat proposal yakni menampilkan keseluruhan hasil yang telah dikerjakan.
 
“Semua keunggulan di dalam penelitian harus ditampilkan peneliti, tidak perlu takut untuk sombong karena faktor itulah yang akan diperhatikan oleh reviewer. Dengan begitu reviewer akan semakin yakin bahwa peneliti layak mendapatkan hibah,” tegasnya.
 
Faktor lainnya yaitu untuk selalu memperhatikan teknis format pembuatan proposal yang sedang ajukan. Pasalnya setiap proposal memiliki formatnya masing-masing, ketika hal itu tidak terpenuhi maka akan otomatis gugur. Sementara itu untuk teknik pembuatan proposal Dr. Kundhara selalu menggunakan teknik SMART. Teknik itu merupakan singkatan dari beberapa hal yang harus diperhatikan yakni Spesific, Measurable, Achievable, Relevant dan juga Time (limit).
 
“Kami menilai semua itu terpenuhi maka mutu proposal penelitian akan meningkat,” jelas Ketua Prodi S2 pendidikan bahasa dan sastra daerah UNS itu.
 
Workshop seri lokakarya dari FIB Udinus tersebut berlangsung baru-baru ini secara daring pada platform zoom meeting. Dalam rangka menguatkan wawasan dalam membuat proposal, dihadirkan reviewer nasional P2M dari UNS. Kegiatan itu diikuti oleh kurang lebih 32 peserta yang terdiri dari dosen FIB Udinus. 
 
Peserta tersebut terdiri dari Dekan FIB Udinus Dr. Raden Arief Nugroho S.S., M.Hum., bersama Wakil Dekan Dra Sri Mulatsih M.Pd. Serta Kepala Program Studi (Prodi) S1 Bahasa Inggris Dr. Sunardi S.S., M.Pd, Ketua Prodi S1 Bahasa Jepang Andy Bangkit Setiawan M.A, Ph.D., Ketua Prodi D4 Manajemen Perhotelan Dr. Neni Kurniawati S.S.,M.Hum., dan juga dosen FIB Udinus lainnya.
 
Dalam sambutannya Dekan FIB Udinus Dr. Raden Arief Nugroho S.S., M.Hum, mengucapkan terimakasih kepada narasumber yang sudah hadir dan meluangkan waktunya. Ia berharap dengan menghadirkan langsung pakarnya akan lebih memahami strategi serta tips dan trik dalam pembuatan proposal hibah kompetitif nasional.
 
“Saya berharap setelah mengikuti workshop ini para dosen akan lebih berkomitmen dan percaya diri untuk mengajukan hibah proposal sebagai sebuah atribut pelengkap tri dharma perguruan tinggi,” harapnya. (Humas Udinus/ Haris. Foto : Dok. Humas Udinus)

Last Update : 26 Juni 2022