UDINUS BERIKAN PEMBEKALAN KEPADA DOSEN MENGENAI PHP2D, P3D DAN WIRADESA


Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang berikan pembekalan kepada dosen mengenai Program Holistik Pembinaan dan pemberdayaan Desa (PHP2D), Program Pengembangan Pemberdayaan Desa (P3D), dan Wiradesa.
 
Pembekalan diselenggarakan di aula gedung E lantai 3 diikuti oleh para dosen dari berbagai fakultas dan diikuti dosen dari Udinus Kediri. Dalam kegiatan yang diikuti puluhan dosen tersebut, dibuka langsung oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Udinus, Dr. Kusni Ingsih, MM. Selain itu juga diisi oleh pembicara yang telah ahli dalam PHP2D, P3D dan Wiradesa yakni Dr. Parmin M.Pd.
 
Dalam pidatonya, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Udinus, Dr. Kusni Ingsih, MM menjelaskan bahwa pembinaan tersebut sebagai langkah untuk mengenalkan Program PHP2D, P3D dan Wiradesa kepada para dosen. Diharapkan juga kedepannya, semakin banyak program-program PHP2D hingga Wiradesa yang dijalankan di Udinus. Ungkap Wakil Rektor III Udinus, sejauh ini Udinus telah mendapatkan dua penghargaan yaitu juara 2  yang didapatkan oleh Tim PH2D dari Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HMTI) . Sedangkan, Tim Favorit didapatkan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kesehatan (BEM FKES) di ajang Abdidaya 2021.
 
“Kami dalam Simkatmawa telah mendapatkan peringkat 17 dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Pembekalan ini sebagai langkah kami untuk memacu para dosen untuk aktif dalam mengikuti ketiga kegiatan itu. Kami harap mampu mempertahankan Simkatmawa bahkan mampu meningkatkan peringkatnya untuk kedepannya,” jelasnya.
 
Sebagai informasi, PHP2D adalah kegiatan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan atau Lembaga Eksekutif Mahasiswa. Sementara itu, Program Pengembangan Pemberdayaan Desa (P3D) merupakan kegiatan pembinaan dan pemberdayaan desa menuju tahap paripurna guna menindaklanjuti beragam hasil kegiatan pembinaan dan pemberdayaan desa yang telah dilakukan oleh organisasi mahasiswa di tahun sebelumnya di desa yang sama.
 
Sedangkan Wiradesa Program Wiradesa adalah kelompok mahasiswa aktif program Sarjana berbagai disiplin ilmu yang tergabung di dalam organisasi kemahasiswaan, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) maupun Lembaga Eksekutif Mahasiswa. Ketiga program itu merupakan bagian dari Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). (Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)

Last Update : 26 Juni 2022