MAHASISWA DKV UDINUS KEDIRI KEMBANGKAN ILMU WIRAUSAHA LEWAT KREATIVITAS KARYA


Aktif di bidang kewirausahaan, lima mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Kediri ikuti ajang KMI Expo yang merupakan rangkaian dari Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) 2021. Mereka mengikuti KMI Expo dengan produk bernama Balapetir Studio. 
 
Lima mahasiswa tersebut berasal dari Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual (DKV) Udinus Kediri. Mereka di dalam tim memiliki perannya masing-masing, kelima mahasiswa itu yakni Reza Pradana Firmansyah sebagai Ketua Tim, Dwiky Prassetio sebagai Desainer, Dianico Putra Sagita sebagai Pengelola Keuangan, Mochammad Dwi Purwanto sebagai Pemasaran Branding, Athallah Bimantya Afandi sebagai Pengelola Sosial Media.  
 
Terdapat total tiga produk yang ditampilkan oleh Balapetri Studio, yakni custom sepatu, desain kaos dan karya lukis wajah yang menjadi karya mahasiswa angkatan 2020 itu. Ketiga produk tersebut ditampilkan karena masih jarang ada yang menyediakan jasa pembuatan secara custom.
 
“Dengan membawa tiga produk itu kami berusaha menuangkan kreativitas ke dalam ilmu kewirausahaan. Selain itu melalui expo ini untuk membangun jejaring dan kerja sama bagi wirausaha muda perguruan tinggi di seluruh Indonesia,” ungkap Reza. 
 
Pada expo yang diselenggarakan secara luring itu dilaksanakan di Universitas Brawijaya secara hybird pada bulan November lalu. Menjadi salah satu program dalam kegiatan Kegiatan Berwirausaha Mahasiswa Indonesia (KMBI) 2021. 
 
Dalam expo tersebut setiap tim akan mendirikan stand sesuai dengan konsep masing-masing untuk menarik minat para pengunjung. Balapetir Studio pada expo kali ini mengusung konsep sarang lebah. Konsep itu memiliki makna sebagai tempat tinggal dan berkembang dalam mewujudkan suatu harapan yang diinginkan oleh para anggota tim itu. Selain itu ada beberapa hal diperhatikan oleh timnya sebelum mengikuti kegiatan expo.
 
“Pastinya kami selalu menjaga kesehatan dan selalu mematuhi protokol kesehatan. Seluruh peserta juga wajib melakukan tes antigen sebelum mengikuti acara serta menyiapkan segala perlengkapan dalam kurun waktu satu minggu,” imbuh Reza
 
KMI Expo menjadi ajang untuk tingkatkan kreativitas mahasiswa dalam kegiatan kewirausahaan. Pada ajang itu mahasiswa berlomba untuk menampilkan stand pameran terbaik. KMI Expo diikuti oleh kurang lebih 25 perguruan tinggi, sementara itu, untuk KMI Expo Offline diikuti 83 perguruan tinggi  dan KMI Expo Online 79 perguruan tinggi. Perguruan tinggi yang berpartisipasi merupakan perguruan tinggi negeri maupun swasta yang ada di Indonesia. (Humas Udinus/Haris. Foto: Dok. Pribadi Balapetir Studio)

Last Update : 6 Juli 2022