ANTISIPASI PENYEBARAN COVID-19 SEMASA PTM, UDINUS GELAR TES SWAB ANTIGEN SECARA ACAK


Cegah penyebaran Covid-19 pasca dimulainya Perkuliahan Tatap Muka (PTM) secara terbatas, Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang selenggarakan tes swab antigen. Tes tersebut diadakan secara acak  yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan tenaga pendidikan di Udinus.  
 
Tes swab antigen yang diadakan secara acak diselenggarakan di selasar gedung C Udinus. Penerapan sampling acak tes swab antigen itu sebagai antisipasi penyebaran Covid-19 di area kampus Udinus. Ditargetkan sekitar 40-50 peserta menjalani tes swab yang diinisiasi oleh Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 PTM Udinus. 
 
Kepala Poliklinik dan menjadi tim Satgas Covid-19 PTM Udinus, dr. Anggoro Dhana Octavian menjelaskan bahwa kegiatan sampling tes swab antigen secara acak yang dilakukan hari ini, sebagai upaya mendeteksi dini kasus covid-19 di area Udinus. Nantinya, jika ditemukan kasus positif maka dari Satgas Udinus akan melakukan tindakan langsung dan berkoordinasi dengan Satgas Kota Semarang. Rencananya, kegiatan tes tersebut akan diselenggarakan secara rutin.
 
“Kegiatan Sampling acak tes swab antigen kali ini, sebagai salah satu syarat yang diberikan oleh Satgas Covid-19 Kota Semarang dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI). Syarat itu diberikan bagi perguruan tinggi yang mengadakan PTM dan terlebih dahulu membentuk Satgas di area kampus,” jelasnya. 
 
Udinus telah mulai uji coba Perkuliahan Tatap Muka (PTM) pada 1 Desember lalu, mahasiswa yang diijinkan mengikuti PTM ini harus memenuhi persyaratan. Persyaratan itu antara lain sudah divaksin, suhu tubuh tidak lebih dari 37,5 derajat, dan berdomisili di Kota Semarang atau Kota Kediri. 
 
Mahasiswa diwajibkan mengisi form screening Covid-19 dan tentunya mendapatkan izin dari orang tuanya masing-masing untuk mengikuti PTM. Mahasiswa yang ingin mengikuti PTM secara terbatas juga diharuskan melakukan swab antigen dan menunjukkan bukti kepada petugas di setiap gedung.
 
Jalannya uji coba PTM secara terbatas tersebut tertuang dalam surat keputusan Rektor Udinus dengan nomor 138/KEP/UDN-01/X/2021. Informasi terkait PTM secara terbatas di Udinus dapat mengakses melalui melalui laman ptm.dinus.ac.id. 
 
Mahasiswa dari Prodi D-4 Animasi yang dijumpai selepas melakukan tes swab antigen, Novaludin Zuhri mengaku senang dengan adanya tes tersebut secara acak. Menurut Nova, tes swab antigen secara acak dapat memperkecil kasus positif di kampus. Selain itu, mahasiswa menjadi nyaman saat mengikuti PTM secara terbatas. 
 
“Saya mendukung adanya tes swab antigen seperti ini, kami jadi tidak was-was dan dapat mengikuti perkuliahan dengan tenang. Harapan saya perkuliahan tatap muka semakin diperluas program studinya dan mahasiswa yang masuk juga diperbanyak jumlahnya,” harapnya. (Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)

Last Update : 27 Juni 2022