UDINUS RAIH PERINGKAT 17 PADA SIMKATMAWA 2021


Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang kembali raih rekor baru dalam Pemeringkatan Kemahasiswaan (Simkatmawa) 2021. Bersaing dengan seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di seluruh Indonesia, Udinus menduduki peringkat 17.
 
Pencapaian tersebut meningkat drastis dari tahun sebelumnya yang berada di posisi 28. Simkatmawa menjadi acuan bagi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan perguruan tinggi di seluruh tinggi dalam melaporkan kinerja serta prestasi dalam bidang kemahasiswaan. Pada pemeringkatan itu, terdapat kriteria penilaiannya yang tiga diantaranya yakni prestasi institusi, MBKM, rekognisi, kelembagaan. 
 
Pemeringkatan yang dilakukan setiap tahunnya itu merupakan program dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud. Tahun ini Udinus berhasil menempati peringkat 17 dari kurang lebih 4000 perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Penilaian juga dibagi menjadi 4 liga sesuai dengan jumlah mahasiswa pada perguruan tinggi yang dinilai. Udinus yang masuk pada liga 2 berhasil meraih peringkat 4.
 
Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Kusni Ingsih, MM memaparkan selama satu tahun ini Udinus menyelenggarakan kurang lebih 1.346 kegiatan. Kegiatan tersebut semua berada di tingkat regional, nasional hingga internasional. Biro Kemahasiswaan selalu memastikan bahwa seluruh kegiatan mahasiswa tetap dapat berjalan dengan aturan-aturan sesuai yang diterapkan pemerintah. Sehingga semua kegiatan dapat terus berjalan tanpa adanya hambatan dari pandemi Covid-19
 
“Dengan adanya capaian yang luar biasa, kami akan terus berusaha untuk tetap mempertahankan dan meningkatkan peringkat Simkatmawa di tahun berikutnya. Kami Biro Kemahasiswaan akan selalu mengevaluasi hasil Simkatmawa dan terus berikan dukungan semaksimal mungkin kepada mahasiswa,” tutupnya.
 
Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom., bangga atas capaian yang telah diraih oleh Udinus pada penghujung tahun ini. Menurutnya prestasi itu tak terlepas dari sinergi yang baik antara seluruh civitas akademik Udinus. Meski sedang dilanda pandemi Covid-19 prestasi yang disumbangkan dapat terus meningkat. 
 
“Terima kasih kepada seluruh koordinator kemahasiswaan dari berbagai fakultas hingga 64 organisasi mahasiswa yang ada di Udinus. Capaian ini merupakan tolak ukur bagi kami agar terus meningkatkan kegiatan maupun prestasi kemahasiswaan di tahun berikutnya,” ucapnya. (Humas Udinus/Haris. Foto: Humas Udinus)

Last Update : 6 Juli 2022