HM DKV UDINUS KENALKAN MAHASISWA BARU UDINUS PADA DUNIA INDUSTRI


Tumbuhkan pemahaman seputar dunia industri, Himpunan Mahasiswa Desain Komunikasi Visual (HM DKV) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang gelar Webinar Create and Earn yang bertemakan ‘Ilustrasi Sebagai Bisnis’ pada Senin, 6 Desember 2021. 

Webinar yang membahas bagaimana pekerjaan sebagai seorang ilustrator di dunia industri, disampaikan oleh Dosen Prodi DKV Godham Eko Saputro S,Sn., M.Ds yang juga owner Bapak Pucung Studio. 

Dalam pemaparannya, Godham mengatakan bahwa ilmu DKV bukan seperti seniman tapi lebih ke problem solverpada client. Mahasiswa dituntut untuk bisa menerjemahkan keinginan client dalam bentuk visual, agar pesan dapat disampaikan dengan baik. Saat ini terdapat 16 subsektor ekonomi kreatif yang berhubungan dengan DKV seperti desain interior, desain produk hingga desain game. 

“Untuk mendalami ilmu DKV saran saya setidaknya memiliki passion di bidang menggambar, sementara untuk mengerjakan ilustrasi bisa dilakukan secara manual menggunakan sketchbook atau wacom cintiq maupun secara digital menggunakan adobe illustrator,” jelasnya. 

Webinar tersebut menjadi serangkaian acara Pameran First Step yang selalu digelar oleh HM DKV setiap tahunnya. Pemeran First Step 2021 mengangkat tema ‘Berbenah’ dan dapat diikuti oleh mahasiswa Prodi S-1 DKV Udinus dari setiap angkatan. Bedah Karya juga dilakukan oleh mahasiswa dengan menjelaskan proses pembuatan dan makna dibaliknya.

Ketua HM DKV, Dwi Herdhy Septoadi menjelaskan bahwa acara tahunan itu juga dimaksudkan untuk menyambut mahasiswa baru. Memberikan ruang bagi mahasiswa baru untuk menampilkan karya-karya terbaiknya. Selain itu dengan adanya webinar juga akan memberikan gambaran bagi mahasiswa tentang prospek mereka di dunia profesional. 

“Kami berharap mahasiswa baru bisa terbiasa untuk lebih berani lagi dalam menampilkan karya-karya mereka, menumbuhkan jiwa kompetitif sehingga siap mengikuti berbagai kompetisi di bidang DKV,” imbuhnya.

Ketua Prodi DKV Ir. Siti Hadiati Nugraini M.Kom, Ph.D., selalu berikan dukungan pada acara tahunan tersebut. Menurutnya pameran tersebut dapat menunjukkan hasil karya dari apa yang sudah dipelajari dalam kelas. Sehingga ilmu yang didapatkan mahasiswa dapat seimbang antara softskill dengan hardskill. 

“Harapannya bisa memberikan motivasi bagi mahasiswa baru agar di semester selanjutnya dapat menampilkan karya yang lebih baik lagi. Hasil pameran yang ditampilkan sebisa mungkin di arsip sehingga ketika ada lomba bisa siap ditampilkan” pesannya.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri Wakil Dekan I Bidang Kemahasiswaan dan Akademik Dr. Ahmad Zainul Fanani, dosen bidang kemahasiswaan Fakultas Ilmu Komputer Galuh Wilujeng Saraswati M.CS dan Filmada Ocky Saputra M.Eng serta dosen Prodi DKV lainnya. (Humas Udinus/Haris. Foto: Humas Udinus)

Last Update : 6 Juli 2022