UDINUS FASILITASI KEMENDIKBURISTEK DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN


Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang fasilitasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Ditjen-dikti). Hal itu sebagai langkah Udinus dalam rangka mendukung kegiatan Workshop dan Asistensi sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan di Indonesia
 
Rapat yang dimulai  pada Selasa, 2 November 2021 itu dilakukan di Aula Gedung E lantai 3 Udinus dengan tetap menerapkan prokes secara ketat. Dituan rumahi oleh LLDikti Wilayah IV dan diikuti oleh kurang lebih 50 peserta. Acara tersebut membahas mengenai Asistensi Pelaporan Data Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PPDikti) untuk semester 2020 genap. Asistensi tersebut diperuntukkan bagi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I sampai XVI, yang ada di lingkungan Ditjen-dikti Kemendikbudristek. Selain dihadiri secara langsung peserta dari berbagai wilayah juga bisa tetap mengikuti acara melalui platform zoom meeting.
 
Acara dibuka oleh sekretaris LLDIKTI Wilayah VI Jateng, Dr. Lukman, ST, M.Hu selaku tuan rumah yang menyampaikan bahwa PPDikti menjadi jantung dari perguruan tinggi seluruh Indonesia. Sehingga melalui rapat tersebut mampu mendapatkan keluaran yang lebih baik lagi dari sebelumnya.
 
“Adanya punishment dan reward ini menjadi salah satu hal yang harus terus diperhatikan, seperti sebelumnya kami telah melaksanakan anugrah MBKM. Semoga kedepan hal-hal semacam ini bisa lebih ditingkatkan lagi demi meningkatkan mutu pendidikan,” pesannya.
 
Adanya punishment dan reward, seperti adanya anugrah MBKM yang didapatkan oleh Udinus. PPDikti merupakan jantung dari perguruan tinggi. Acara dibuka oleh sekretaris LLDikti, Lukman. Ia ucapkan terimakasih kepada Udinus yang telah memfasilitasi ruang yang nyaman sehingga semua peserta dalam mengikuti seluruh aktivitas dengan baik. 
 
Berlangsung selama tiga hari, terdapat workshop serta sosialisasi dari PPDikti yang membahas beberapa materi. Seperti membahas kebijakan dan teknik perubahan pada data dosen, melakukan bimbingan teknik untuk Aplikasi Feeder 4.1 dari PPDikti. Lalu materi terakhir diisi dengan evaluasi terhadap laporan PPDikti untuk semester 2020-2022. Sementara itu di hari berikutnya dilakukan forum diskusi yang terbagi menjadi 3 kelompok, dengan topik Data dosen dan tendik, kampus merdeka serta pengelolaan kelembagaan.
 
Sambutan dari Udinus juga turut diberikan oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Kusni Ingsih MM. Ungkapan terimakasih ia sampaikan kepada LLDikti yang selalu mempercayakan Udinus untuk ikut berperan dalam berbagai kegiatannya. Ia juga menambahkan bahwa kontribusi itu merupakan berkah bagi Udinus.
 
“Kami akan selalu terbuka apabila ditunjuk untuk memfasilitasi kegiatan-kegiatan seperti ini, tentunya demi meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia,” tutupnya. (Humas Udinus/Haris. Foto : Humas Udinus)

 

Last Update : 7 Juli 2022