PERHOMPEDIN KOTA SEMARANG DAN UDINUS LAUNCHING PROGRAM ONCODOC


Perhimpunan Hematologi dan Medical Onkologi (Perhompedin) Kota Semarang dan Universtias Dian Nuswantoro Semarang launching program Oncodoc. Aplikasi tersebut kini telah dapat di unduh secara gratis oleh masyarakat dan dapat digunakan di smartphone.

Oncodoc merupakan aplikasi yang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas masyarakat dalam mendeteksi kanker dengan mudah. Aplikasi tersebut memiliki fitur utama untuk mendeteksi kanker secara cepat . Pendeteksian itu berdasarkan kepakaran dokter onkologi hematologi sehingga hasilnya dapat dipertanggunjawabkan.

Aplikasi Oncodoc merupakan tindak lanjut dari kerjasama antara kedua institusi tersebut pada 19 Juli lalu. Dalam pengembangannya, aplikasi ini dikembangkan oleh Dian Nuswantoro Teknologi Informasi (Dinustek).

Ketua Umum Perhompedin Cabang Semarang, Prof. Catharina Suharti Sp.PD, PhD, KHOM mengatakan launching ocdoc kerjasama antara perhompedin cabang Kota Semarang dengan Udinus. Ia berharap Oncodoc dapat membantu pemerintah dalam penanganan penyakit kanker.

Dalam aplikasi itu terdapat enam jenis kanker di OncoDoc yaitu mulut rahim (serviks), paru, limfoma, usus, payudara, dan prostat. Masyarakat juga dapat melakukan konsultasi privat dengan dokter onkologi yang ada, dan juga dapat membuka topik diskusi umum untuk semua pengguna OncoDoc.

“Kami iginkan aplikasi Oncodoc dapat menjadi aplikasi yang berguna untuk melayani pasien penderita kanker dan dapat bermanfaat bagi masyarakat luas,” imbuhnya.

Dalam pidato sambutannya saat launching Program Oncodoc, Rektor Udinus, Prof.Dr.Ir Edi Noersasongko,M.Kom mengapreasiasi Perhompedin Kota Semarang telah menginiasiasi program deteksi kanker yang berguna bagi masyarakat luas. Menurutnya Udinus telah terlibat dalam berbagai support teknologi salah satunya perhompedin ini.

“Aplikasi Oncodoc sejalan dengan Udinus yang dimana terdapat fakultas kesehatan. Kami berharap nantinya kerjsama ini semakin baik dan dapat berguna untuk masyarakat,” harapnya.

Launching yang dilakukan pada 23 Oktober lalu dilakukan melalui aplikasi zoom dan sebelumnya diadakan juga diskusi nasional tentang “Kebijakan Strategis Menuju Pelayanan Kanker Berkualitas”. Dalam kegiatan launhing itu, hadir pula YKI Cabang Semarang Koordinator Jawa Tengah, dr. Eko Adhi Pangarsa,SpPD-KHOM dan Pengurus Pusat Perhompedin, Dr. dr. Tubagus Djumhana Atmakusuma, SpPD-KHOM. Selain itu, aplikasi Oncodoc diresmikan langsung oleh Plt. Dirjen P2P Kemenkes RI, Dr. dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM, MARS. (Humas Udinus/Alex. Foto : Humas Udinus)

Last Update : 25 Juni 2022