APTIKOM JATENG LANTIK PENGURUS BARU PERIODE 2021-2025


Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komputer (Aptikom) Provinsi Jawa Tengah lantik ketua dan pengurus baru untuk periode 2021-2025. Pelantikan tersebut juga diisi webinar yang membahas mengenai Transformasi Pendidikan Tinggi Antisipasi Lost Generation Pada Era Disrupsi. 
 
Pelantikan dan webinar diinisiasi oleh Aptikom Jateng diselenggarakan secara daring melalui zoom dan youtube TVKU. Aptikom Jateng kali ini melantik enam dewan penasehat dan 53 pengurus baru untuk periode 2021-2025 dan dilantik langsung oleh ketua umum Aptikom, Prof. Ir. Zainal A. Hasibuan, Ph.D. Dalam pelantikan itu, Zaenal Abidin S,Si, M.Cs, Ph.D resmi dilantik sebagai ketua Aptikom Jateng  periode 2021-2025.
 
Dekan Fakultas Ilmu Komputer Udinus, Dr. Guruh Fajar Shidik S.Kom M.Cs juga dilantik sebagai wakil ketua 1 Aptikom Jateng. Selain itu, perwakilan lain dari Udinus yakni Ayu Pertiwi S.Kom, MT selaku Dosen Teknik Informatika Udinus dilantik sebagai Ketua Bidang Pengembangan Organisasi. 
 
Dalam kesempatan itu, Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom didaulat sebagai penasehat di kepengurusan Aptikom Jateng periode 2021-2025. Dalam perannya di dunia pendidikan,  Aptikom Jateng memiliki andil dalam peningkatan mutu pendidikan tinggi informatika dan komputer dengan mendorong tumbuhnya dosen penggerak.
 
Pada sesi pelantikan itu, Dewan Penasehat Aptikom Jawa Tengah, Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom mengajak para pengurus baru memberikan terobosan-terobosan dalam menghadapi perubahan yang dramatis di era disrupsi ini.
 
“Fase penuh tantangan ini harus disikapi dengan bijak,tentu tetap mengedepankan kepentingan bangsa dibandingkan kepentingan individu. Aptikom Jateng harus bersifat inklusif agar aktivitas organisasi dapat menjangkau dan dirasakan banyak stakeholder,” tegasnya. 
 
Ketua umum Aptikom, Prof. Ir. Zainal A. Hasibuan, Ph.D yang juga menjadi narasumber dalam webinar menjelaskan bahwa saat ini masyarakat diharapkan dengan dua tantangan berat yakni kemajuan teknologi dan juga pandemi. Dalam materinya terbagi menjadi beberapa topik, yakni menjelaskan seputar trend teknologi dalam bidang pendidikan. Maka aptikom berperan dalam memajukan bangsa dalam menguasai teknologi informasi dan komputer.
 
“Hal tersebut hal tersebut kami lakukan supaya masyarakat Indonesia tidak tertinggal dengan negara lain dan daya saing bangsa bisa meningkat tajam. Karena teknologi ini merupakan denyut jantung kegiatan yang dihadapi sehari-hari,” 
 
Selain itu, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo juga turut menjadi pembicara dalam webinar dan menyampaikan bahwa negara harus memiliki bargaining yang kuat di mata dunia dalam hal teknologi. Menurut Ganjar, negara saat ini bergantung pada penguasaan data. Sedangkan pembicara terakhir dari Dewan Penasehat APTIKOM Jateng, Prof. Dr. Ridwan Sanjaya, S.E., S.Kom., Ms.IEC, juga membahas seputar antisipasi terhadap lost generation. (Humas Udinus/Alex. Foto : Humas Udinus)

Last Update : 6 Juli 2022