DUKUNG KELANCARAN DI SENTRA VAKSIN, UDINUS SIAPKAN BERBAGAI FASILITAS


Sentra vaksin di Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Semarang berjalan lancar dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Kali ini  jenis vaksin yang digunakan adalah AstraZeneca.

 

Fasilitas berupa ruang  khusus bagi peserta yang membutuhkan istirahat sebelum atau sesudah vaksin telah disediakan. Selain itu masker gratis juga disediakan di lokasi sentra vaksin Udinus. Tak hanya itu saja, relawan-relawan vaksin Udinus juga siap membantu lancarnya kegiatan vaksinasi.

 

Setiap harinya,  sejak Senin 28 Juni 2021, disiapkan puluhan relawan vaksinasi Udinus yang terdiri dari mahasiswa Fakultas Kesehatan Udinus, tenaga kesehatan diantaranya dokter, perawat, dosen, karyawan, security dan relawan lainnya. Seluruh relawan yang membantu dalam proses vaksinasi tersebut, telah mendapatkan di vaksin dan tentunya skrining secara berkala.  

 

Sebelum memasuki area registrasi, para peserta di cek suhu terlebih dahulu, diwajibkan mencuci tangan, dilanjutkan dengan memasuki disinfektan chamber.
 

Kemudian peserta vaksin akan melalui proses validasi data, cek kesehatan atau skrining dan diwawancarai terkait riwayat penyakit yang pernah diderita. Jika tidak ada gejala yang akan mempengaruhi vaksinasi, peserta kemudian disuntik vaksin covid-19 yang pada saat ini  menggunakan vaksin AstraZeneca. Peserta diharuskan menjalani proses observasi dan menunggu selama kurang lebih 15 menit.  Apabila peserta tak mengalami gejala dan keluhan maka diperbolehkan pulang.

 

Koordinator Sentra Vaksinasi Udinus, Mohamad Sidiq, S.Si, M.Kom mengatakan bahwa Udinus telah siap untuk membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang dalam menyediakan lokasi percepatan vaksin di Kota Semarang. Sentra vaksin di Udinus sendiri digunakan untuk memfasilitasi 5 Puskesmas, diantaranya Poncol, Miroto, Bulu Lor, Pandanaran, dan Bugangan.

 

“Kami menerapkan protokol kesehatan serta alur vaksinasi, agar kondisi tetap kondusif dan tidak ada kerumunan. Kami siapkan tenda-tenda dan berbagai fasilitas seperti masker, air mineral, hingga minuman suplemen untuk mendukung kenyamanan bagi peserta,” jelasnya.

 

Pelaksanaan vaksinasi di Sentra Vaksin Udinus akan dimulai setiap pukul 08.00 hingga 14.00 WIB. Pendaftaran vaksinasi dan keterangan lebih lengkap dapat dicek di laman resmi victori.semarangkota.go.id. atau instagram resmi DInas Kesehatan Kota Semarang di @dkksemarang. (*Humas Udinus/Alex. Foto: Nining Sekar)

Last Update : 1 Agustus 2021