KREATIFITAS PRAMUKA DAN KECAKAPAN KSR DI DINUSFEST 2018


Rabu, (24/01) 2018, Gegap gempita Praja Muda Karana (Pramuka) tercium di kampus anti narkoba Universitas Dian Nuswantoro (Udinus). Terbukti dihari kedua pagelaran Dinusfest Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka mengadakan lomba video kreatif dengan tema “Menjadi Luar Biasa Bersama Pramuka”.
 
 
 
Ketua panitia dari UKM Pramuka Restu Marhaining Tyas ingin memberikan tantangan kepada siswa SMA/SMK/ MA/ sederajat khususnya anggota Pramuka Penegak yang ada di Jawa Tengah. “Kita mengangkat tema menjadi luar biasa bersama Pramuka itu kita bisa mengangkat hal-hal apa saja di Pramuka yang menjadikan anggotanya luar biasa” jelasnya.
 
Lomba ini diikuti oleh 10 tim peserta 5 siswa dalam satu tim. Peserta yang terdaftar berasal dari berbagai sekolah mulai dari kota Semarang, Demak, Rembang, Salatiga, Kendal hingga Pemalang. Dalam lomba video kreatif ini seluruh peserta melalui dua tahapan, pertama proses pembuatan video dan pengeditan dan yang kedua peserta harus mepresentasikan video yang sudah dikirim dihadapan tiga juri. Ketiga juri tersebut adalah Godham Eko Saputoro S.Sn., M.DS, DR Mahmud SE, MM dan Thesa Resi Sila Utami M.Sn. Juri-juri tersebut merupakan dosen Udinus yang sudah mumpuni dibidangnya. Setiap tim berhak memperebutkan total hadiah senilai 3 juta, uang pembinaaan dan voucher pendidikan yang bisa digunakan untuk kuliah di Udinus.
 
 
 
Dalam kategori softskill lain, UKM Korp Sukarela (KSR) Udinus juga menggelar First Aid Competition. Kecakapan PMR Wira diuji di Dinusfest 2018 yang bertempat di gedung D lantai 5.17 kampus Udinus dengan total peserta 25 Tim dari 16 sekolah di Jawa Tengah. Masing-masing Tim yang maksimal diisi oleh 3 orang akan menunjukkan sikap sigap untuk memberikan pertolongan pertama pada korban. Kasus korban yang ditentukan juri berbeda setiap tim. Juri yang berasal dari PMI Kota Semarang dan PMI Provinsi Jawa Tengah akan menilai kecepatan, prosedur pertolongan dan ketelitian peserta saat perlombaan.
 
Dinusfest merupakan acara tahunan yang digelar oleh Udinus. Selain lomba ini juga ada banyak lomba lainnya, seperti lomba batik, lomba menyanyi, lomba karawitan, lomba volly, dan lain sebagainya. Acara Dinusfest akan berlangsung sampai dengan Kamis (25/01) besok. (*Humas/WartaDinus)

Last Update : 1 Agustus 2021