JOB FAIR 11 UDINUS MENJAWAB KEBUTUHAN JOBSEEKER


SEMARANG-  Banyak pilihan tawaran lowongan pekerjaan yang dapat diperoleh para jobseeker pada agenda Jobfair Udinus ke-11 baru-baru inidi gedung E Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) memadati area Job Fair ke-11 Udinus. Acara yang digelar selama 2 hari itu berlangsung ramai dan dipadati pengunjung dari dalam maupun luar kota. Terbukti, banyak perusahaan yang merekrut lulusan  dari fresh graduate maupun yang sudah berpengalaman.

Acara yang digawangi oleh Career Center Udinus ini menggandeng kurang lebih 50 perusahaan. “Perusahan yang bergabung di Job Fair kali ini memang sangat variatif. Tidak hanya perusahaan dari Semarang, namun juga beberapa diantaranya berasal dari Jakarta,” ujar Devy Ardya, selaku ketua panitia.

Ada ratusan lowongan pekerjaan yang ditawarkan perusahaan tersebut untuk dapat diapply oleh jobseeker, mulai dari lulusan SMA/SMK hingga S2.

Dari pemantauan panitia Job Fair 11 Udinus, pengunjung di hari pertama memang selalu membludak hingga mencapai 4000 jobseeker. Itu sudah termasuk pengunjung dari alumni Udinus maupun non-Udinus. Dan biasanya akan ada penurunan dari separuh jumlah di hari pertama, Karen di hari kedua biasanya perusahaan sudah akan menyaring pelamar di hari pertama, dan melakukan test lanjutan di hari kedua.

 

Untuk jenis pekerjaan yang diminati jobseeker memang sangat variatf, namun dunia perbankan masih menjadi magnet tersendiri. Seperti salah satunya di stand Bank Jateng yang berada di depan pintu masuk lokasi Job Fair di lantai 3 Gedung E. “Antriannya sudah mengular sejak pagi loket dibuka. Saya juga sudah mempersiapkan apply di beberapa perusahaan, tapi yang pertama saya tuju adalah stand Bank Jateng ini,” tandas Reynaldo Julianto, jobseeker alumni FE USM itu.

 

Selain perusahaan perbankan, ada juga perusahaan otomotif, IT, retail, trading, hingga rumah sakit. “Sengaja kami sediakan perusahaan yang dapat mencakup kompetensi para jobseeker. Walaupun panitia Job Fair ini dari Udinus, kami juga ingin menjadi satu penyedia layanan pusat karir bagi seluruh jobseeker di Semarang dan sekitarnya. Karena pengunjung yang hadir tidak hanya dari Semarang, tapi juga dari Tegal, Batang, Pekalongan, Jepara, Kudus, hingga Solo. Untuk itu kami gandeng banyak penyedia lapangan kerja yang dapat dipilih,” tegas Dewi Agustini, Kepala Pusat Layanan Karir dan Alumni Universitas Dian Nuswantoro.

Tidak hanya menyediakan stand perusahaan yang membuka lapangan pekerjaan, panitia Job Fair 11 ini juga menyediakan stand bazaar. Disana para jobseeker dapat rehat sejenak menikmati stand makanan atau minuman, hingga stand fashion yang produknya mungkin dapat digunakan untuk melamar posisi yang diinginkan di stand job fair. “Secara keseluruhan, kami ingin Job Fair kali ini dapat menjawab kebutuhan jobseeker dalam mencari lapangan pekerjaan,” tambah Dewi.(humas)

Last Update : 1 Agustus 2021