Berbagai aktivitas umat Muslim di bulan Ramadan akan mendatangkan segala berkah pahala dari Allah SWT. Untuk itu banyak kegiatan yang dilakukan oleh berbagai institusi, agar suasana Ramadan lebih hangat dan bermanfaat bagi umat Muslim di dun


Hari ini (8/6) Kontes Robot Nasional (KRN) 2013 resmi dibuka ditandai dengan upacara pembukaan yang dipimpin langsung oleh rektor Udinus Dr Ir Edi Noersasongko,MKom. Pembukaan dibuka oleh direktur DP2M, Prof. Agus Subekti, M.Sc., Ph.D. dengan disambut meriah oleh sorak-sorai supporter dan seluruh peserta yang hadir dari masing-masing tim yang bertanding. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya yang dikumandangkan di acara KRN  yang diselenggarakan di GOR jatidiri Semarang menjadi lagu pembukaan yang diiringi oleh PSM (Paduan Suara Mahasiswa) Universitas Dian Nuswantoro.

Acara pembukaan ini juga dimeriahkan oleh penampilan yang spektakuler dari E-gamelanku Universitas Dian Nuswantoro. Selanjutnya pembukaan yang dibuka oleh ketua panitia Dr. St. Dwiarso Utomo, S.E., M.Kom., Akt.  Tak hanya itu saja, hal menarik diacara pembukaan KRN kali ini, UDINUS menyuguhkan animasi  karya anak UDINUS sendiri yang menampilkan 5 orang anak-anak dan robot yang menari diiringi oleh lagu ”gangnam style”. Animasi yang disuguhkan menambah kemeriahan di acara yang bergengsi ini.

Rangkaian acara pembukaan selanjutnya yaitu penyerahan piala bergilir Kontes robot Indonesia dari pemegang terakhir yaitu Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) sebagai pemenang tahun lalu menyerahkan piala bergilir menteri  Pendidikan dan Kebudayaan untuk selanjutnya diberikan kepada  Universitas Dian Nuswantoro sebagai tuan rumah penyelenggara  Kontes Robot Nasional tahun 2013.

Rektor UDINUS menyampaikan sangat bangga dan gembira atas penyelenggaraan KRN tahun ini. “Tingkatkan semangat berkompetisi, mari ciptakan generasi terbaik bagi Indonesia. Jaya robotika Indonesia!” tutur Dr.Ir. Edi Noersasongko M.Kom.

Sementara itu, Menteri Riset dan Teknologi dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang diwakili oleh Direktur DP2M, Prof. Agus Subekti, M.Sc., Ph.D bersama rombongan menyaksikan aksi maskot robot warak ngendog yang merupakan icon kota Semarang dijalankan dengan diiringi oleh 2 orang penari tradisional.

Acara peresmian ditandai dengan pemukulan gong, yang menandakan kontes dimulai. Acara juga dimeriahkan dengan devile peserta dimulai dengan iringan animasi dan musik yang menambah semangat para perwakilan tim dari regional 1-5. Selain itu juga, dihibur dengan tarian anoman dari mahasiswa UDINUS menjadi bagian penutup dari acara pembukaan KRN 2013 di GOR Jatidiri Semarang.(humas)

Last Update : 1 Agustus 2021