KKL, Mahasiswa Kesmas Udinus Kunjungi Surabaya dan Lombok


Untuk menunjang kompetensi mahasiswa, Program Studi S1 ??Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS) mengirimkan mahasiswanya ke dunia industri. Baru-baru ini, 36 mahasiswa semester 6 Program Kesehatan Masyarakat jurusan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) melakukan Kunjungan Kerja Lapangan (KKL) ke Jawa Timur dan Lombok. “Tujuan dari kegiatan ini adalah agar para mahasiswa dapat memperoleh visi langsung dari perusahaan, tentang peran dan kiprah lulusan K3 dalam mengelola keselamatan di tempat kerja. Mahasiswa juga diharapkan mampu menerapkan teori-teori tersebut. di kampus di tempat kerja, ”ujar Ketua Program Studi Kesehatan Masyarakat, Dr. MG. Catur Yuantari, S.KM, M.Kes.

KKL merupakan kegiatan wajib bagi mahasiswa semester 6 atau 7, namun untuk jurusan K3 KKL dilaksanakan pada semester 6. Perusahaan yang menjadi lokasi kegiatan adalah PT. Adhi Persada Beton Mojokerto, PT. Yakult Mojokerja di Jawa Timur dan PT. Pemberdayaan Mutiara Autore di Lombok. Ketiga perusahaan tersebut dipilih karena memiliki operasional K3 yang baik, sehingga mahasiswa dapat melihat secara langsung implementasi mata kuliah Manajemen Risiko dan Tanggap Darurat, SMK3, Toksikologi Industri dan Ergonomi.

“Setelah melaksanakan KKL, mahasiswa diwajibkan membuat laporan dan mempresentasikan hasil kunjungannya pada mata kuliah Manajemen Risiko, Sanitation Hygiene, SMK3, dan Toksikologi Industri. Karena KKL merupakan integrasi dari beberapa mata kuliah,” tambah Yuantari.

Persaingan ketat di dunia industri memaksa mahasiswa untuk menjawab kebutuhan industri. “Kami berharap dengan visitasi ini dapat memotivasi mahasiswa untuk terus meningkatkan kompetensinya hingga hari wisuda nanti,” kata Kepala Humas UDINUS Agus Triyono, MSi.

03.05.2018

Last Update : 31 Desember 2020