Berbagai aktivitas umat Muslim di bulan Ramadan akan mendatangkan segala berkah pahala dari Allah SWT. Untuk itu banyak kegiatan yang dilakukan oleh berbagai institusi, agar suasana Ramadan lebih hangat dan bermanfaat bagi umat Muslim di dun


Penandatanganan MOU antara UDINUS dan UI telah dilaksanakan pada hari Rabu (13/5) bertempat di Gedung Pusat Administrasi Universitas Indonesia kampus UI Depok.  Nota Kesepakatan tersebut  ditandatangani oleh Rektor UI, Prof. Dr. der Soz. Gumilar Rusliwa Somantri dan Rektor UDINUS, Dr. Ir. Edi Noesasongko, M.Kom yang disaksikan oleh pejabat rektorat kedua perguruan tinggi serta ketua yayasan Dian Nuswantoro.

Dalam nota kesepakatan yang bernomor 230/F.9/UDN-01/V/2009 dan 22/KS/R/UI/2009, UDINUS dan UI bersepakat secara bersama-sama membangun serta menerapkan program pendidikan yang cerdas dan mencerdaskan (smart education) dengan memanfaatkan fasilitas dari keduanya yang dapat diakses bersama (resource sharing) termasuk masyarakat umum guna membangun masyarakat yang cerdas (smart society).

Rektor UI menyampaikan “Sudah menjadi kewajiban UI sebagai universitas besar dan ikon perguruan tinggi Indonesia di mata internasional untuk membantu perguruan tinggi dalam negeri yang ingin bersama-sama meningkatkan kualitas pendidikan tanah air  menciptakan smart education untuk smart society menuju world class university” .

Detail dari nota kesepakatan bersama ini meliputi penyelenggaraan program Credit Earning yaitu mahasiswa dapat mengakses pembelajaran lewat teleconference dan e-learning berbasis web dimungkinkan pula masyarakat umum untuk mengaksesnya, Credit Transfer yaitu mahasiswa dapat mengambil mata kuliah dalam satu semester, Joint Research yaitu penelitian bersama staf pengajar dan mahasiswa, Joint Supervision yaitu penyelenggaraan supervisi bersama dalam pembuatan skripsi, thesis dan disertasi serta penyelenggaraan bersama pelatihan, seminar, lokakarya dalam rangka sharing informasi dan teknologi.

Bentuk kerjasama yang lain adalah membangun jaringan perpustakaan bersama khususnya digital library yang berpusat di UI yang merupakan implementasi program Learning Society dalam Caracter Building masyarakat. Rektor UI mengungkapkan “Kita sebagai perguruan tinggi mempunyai kewajiban dalam Caracter Building masyarakat melalui Learning Society sehingga UI segera membangun perpustakaan yang secara fisik dan konten terbesar di asia tenggara yang dapat diakses oleh masyarakat umum, perpustakaan ini diperluas pula dengan jaringan perpustakaan perguruan tinggi yang telah bekerja sama dengan UI seperti UDINUS.

Sementara itu Rektor Udinus menyatakan “Kerjasama dengan UI adalah pilihan yang sangat tepat bagi UDINUS, karena UI merupakan perguruan tinggi terbesar dan terbaik di Indonesia serta termasuk dalam 40 perguruan tinggi terbaik di dunia, UI memiliki resource yang berkualitas dan memadai dari segi kuantitas sehingga dengan resource sharing akan bermanfaat untuk mendongkrak mutu dan kualitas UDINUS yang pelan-pelan tapi pasti menuju world class university.  Kerjasama ini juga untuk melengkapi kerjasama yang telah dibangun dengan ITB dan ITS”.

Lembaga Kerjasama

Last Update : 1 Januari 1970