Berbagai aktivitas umat Muslim di bulan Ramadan akan mendatangkan segala berkah pahala dari Allah SWT. Untuk itu banyak kegiatan yang dilakukan oleh berbagai institusi, agar suasana Ramadan lebih hangat dan bermanfaat bagi umat Muslim di dun


SEMARANG- Kerja sama antara Udinus dan ITS Surabaya yang dikemas dalam Credit Transfer Program sesuai MoU Nomor 128/ B.23/UDN-01/III/2008 telah mencapai tahapan implementasi.

Kemarin (3/2), ITS menerima tujuh mahasiswa Udinus untuk kuliah 1 (satu) semester di program studi Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi (FTIf) dan program studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri (FTI).

Rombongan Udinus yang menyerahkan mahasiswanya kuliah di ITS dipimpin oleh Wakil Rektor II, Dr St Dwiarso Utomo SE Akt, MKom dan diterima pihak ITS, yakni Pembantu Rektor IV bidang Kerja Sama ITS, Ir Eko Budi Djatmiko MSc PhD, Kajur Sistem Informasi, Kajur Teknik Industri, dan Ketua BAAK ITS.

Pada kesempatan itu, Eko Budi Djatmiko memberikan arahan bahwa motivasi kerja sama itu adalah ITS sebagai Perguruan Tinggi besar dan memiliki sumber daya pendidikan yang bermutu berkeinginan untuk membantu perguruan tinggi di tanah air guna bersama-sama memajukan dunia pendidikan, menyiapkan generasi muda penerus bangsa dengan ilmu pengetahuan dan teknologi berkualitas di Indonesia.

Eko menambahkan bahwa konsep seperti itu sudah banyak dilakukan di perguruan tinggi Eropa yang sering disebut ‘’Erasmus Mundus’’.

Sebarkan Ilmu

Mahasiwa pada program kerja sama itu, dianggap keluarga besar ITS sehingga dapat mengakses semua fasilitas akademik serta mengikuti kegiatan kemahasiswaan bersama mahasiswa ITS.
Setelah pulang ke Udinus, mahasiswa dapat menjadi virus untuk menyebarkan ilmu dan pengalamannya kepada teman-temannya.

Eko berharap ke depan kerja samaitu akan ditingkatkan ke arah join supervise, join research, dan kerja sama tripartit dengan beberapa perguruan tinggi yang lebih dulu bekerja sama dengan ITS.  Pihaknya juga menambahkan, program kerja sama seperti ini baru pertama dilakukan sehingga merupakan pioneer.

‘’ini semua dikarenakan niat dan usaha Udinus dalam merealisasikan kerja sama begitu gigih. Kami sangat senang dan mendukung sekali kalau ada perguruan tinggi swasta dengan semangat tinggi ingin meningkatkan kualitasnya,’’ katanya.

Udinus sendiri memiliki target dalam kerja sama tersebut seperti diungkapkan oleh Wakil Rektor II bahwa Udinus melihat kerja sama tersebut sebagai bentuk usaha meningkatkan kualitas dengan cara resource sharing serta menimba pengalaman baik dalam pengelolaan sumber daya pendidikan maupun proses belajar mengajar dari ITS.

Sebelumnya, Udinus juga diberi kesempatan oleh ITS untuk beasiswa studi lanjut S2 bagi empat alumninya dan studi lanjut S3 bagi satu orang dosen. SM-(F2-56)

Last Update : 1 Januari 1970