Berbagai aktivitas umat Muslim di bulan Ramadan akan mendatangkan segala berkah pahala dari Allah SWT. Untuk itu banyak kegiatan yang dilakukan oleh berbagai institusi, agar suasana Ramadan lebih hangat dan bermanfaat bagi umat Muslim di dun


Hampir tiga bulan belakangan ini Universitas Dian Nuswantoro disibukkan dengan berbagai kegiatan Pengembangan Soft Skill. Mulai dari kegiatan Studi Banding ke IPB dan BINUS dilanjutkan dengan TOT dosen untuk membuat model hidden Curiculum dan disempurnakan dengan Seminar oleh Dr. Illah Sailah. Tahap awal ditujukan untuk mensosialisasikan program sotskills di seluruh civitas akademika, sehingga pengembangan nilai softskills benar-benar menjadi kebutuhan yang harus direalisasikan bersama.

Langkah berikutnya adalah mengadakan Kuliah Umum yang dihadiri oleh sekitar 500 mahasiswa. Dari peserta itu diseleksi untuk menentukan 36 mahasiswa untuk mengikuti  pelatihan dan  magang di beberapa UMKM. Berikut diberi pelatihan IT berupa pembuatan Blog untuk memasarkan produknya melalui IT. Untuk kegiatan tersebut dilakukan melalui 3 putaran, sehingga mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ini ditargetkan minimal 1500 mahasiswa. 

Program berikutnya adalah sarasehan hingga yang terakhir adalah pameran UMKM. Kegiatan ini dimaksudkan agar mahasiswa secara riil tahu apa yang terjadi dilapangan serta bisa saling berdiskusi dengan pelaku bisnis.

Semua itu adalah serangkaian program kegiatan pengembangan Soft Skill UDINUS 2008 yang dilakukan  oleh tim Pengembangan Soft Skills UDINUS. Berjalannya program tidak luput dari monitoring dari DIKTI, dan pada tanggal 2 Desember 2008 Tim Monitoring dan Evaluasi ( MONEV ) dari Dikti (Dr. Budi Matindas dan Drs. Ramlan )mendatangi UDINUS untuk mengevaluasi kegiatan Pengembangan Soft Skill. Dari komentar beliau, sangat memberikan apresiasi tentang program softskills UDINUS, yang dinilai berjalan sesuai harapan Pemerintah.

Untuk disampaikan disini bahwa Program sotskills adalah program dari pemerintah yang dikompetisikan kepada  seluruh PTN dan PTS. Dan untuk tahun ini ada 190 proposal yang masuk ke DIKTI dan hanya 22 proposal yang dinyatakan layak untuk didanai, dimana satu didalamnya adalah proposal UDINUS.

Proposal  Program Pengembangan softskills diajukan oleh tim yang diketuai oleh Yudhy Dharmawan,M.Kes yang beranggotakan Sunardi, S.S,M.Pd dan Usman Sudibyo, S.Si. Dalam berbagai sambutan Wakil Rektor III UDINUS Y. Tyas Catur Pramudi, S.Si, M.Kom menyatakan bahwa program softskills adalah program bagus dan UDINUS harus mendapatkan program tersebut, dan sangat disyukuri pada tahun 2008 inilah UDINUS mendapatkannya. Beliau juga berharap untuk program tahun ke dua agar bisa kembali mendapatkan dana untuk menyempurnakan program tersebut secara baik dan bermanfaat bagi seluruh civitas akademika UDINUS.

Dan pada kesempatan itu pula Wakil Rektor III mengucapkan terimakasih kepada Rektor dan jajarannya serta para dekan dan jajarannya, Seluruh Civitas akademika serta kususnya kepada tim pengembangan softskills yang terdiri dari 20 dosen yang sudah bekerja keras ditengah kesibukannya untuk mendukung dan aktif menyelenggarakan program tersebut secara senang hati. Semoga kesadaran pentingannya pengembangan Nilai di UDINUS semakin terealisasikan, terencana dan terprogram yang semuanya bertujuan untuk kejayaan Institusi Dian Nuswantoro.

Last Update : 1 Januari 1970