Berbagai aktivitas umat Muslim di bulan Ramadan akan mendatangkan segala berkah pahala dari Allah SWT. Untuk itu banyak kegiatan yang dilakukan oleh berbagai institusi, agar suasana Ramadan lebih hangat dan bermanfaat bagi umat Muslim di dun


Setelah sukses menjalin kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi ternama baik di dalam negeri maupun luar negeri, seperti Multimedia Malaysia University, ITB, dan ITS, kini Udinus menjalin kerjasama dengan Universiti Teknikal Malaysia Melaka (UteM). Penandatanganan MOU antara Udinus dengan UTeM dilakukan di Gedung Rektorat Udinus tanggal 12 November 2008 oleh Rektor UDINUS Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom, Rektor UTeM Prof. Dr. Ahmad Yusoff bin Hassan, serta Ketua Yayasan Udinus Tri Rustanti, SE. Dalam hal ini Rektor Udinus Edi Noersasongko mengungkapkan bahwa kerjasama ini akan dapat memberikan kesempatan kepada para dosen maupun mahasiswa Udinus untuk menempuh pendidikan di UTeM. Selain itu, MoU juga membuka kesempatan diadakannya kerjasama dalam bidang penelitian.

“Adanya kerjasama antara Udinus dengan UTeM merupakan suatu hal yang menarik dan bermanfaat. Karena melalui kerjasama ini, nantinya dapat diadakan pelatihan untuk para dosen, serta pertukaran mahasiswa. Selain itu juga dapat diadakan kerjasama dalam bidang penelitian,” Ungkap Rektor Universiti Teknikal Malaysia Melaka,

Menurut Ahmad Yusoff, ada beberapa hal yang membuat UTeM tertarik melakukan kerjasama dengan Udinus. Di antaranya Udinus yang terletak di provinsi Jawa Tengah ini masih serumpun dengan Negara Malaysia yang memiliki budaya yang hampir sama. Keadaan serumpun dipercaya akan memudahkan dalam melakukan kerjasama. Selain itu sebagai Universitas ternama di Jateng, Udinus memiliki kehangatan sikap dengan pihak luar, dan Udinus juga memiliki kekuatan yang memungkinkan untuk diajak bekerjasama.

“Kelebihan yang dimiliki oleh UTeM, sehingga dipilih Udinus sebagai mitra kerjasamanya, karena hingga saat ini UTeM merupakan perguruan tinggi negeri unggulan di Malaysia, yang memiliki keunggulan di bidang teknologi,” kata Rektor Udinus, Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom.

Setelah melakukan penandatangan MoU Kerjasama, guna melihat lebih dalam kelebihan yang dimiliki oleh Udinus, rombongan dari UTeM yang didampingi oleh pihak Udinus, berkeliling kampus UDINUS. Mulai dari ruang pembelajaran mahasiswa, ruang laboratorium hingga stasiun televisi kebanggaan Udinus, TVKU. Saat berada di TVKU, pihak rombongan melihat secara detail fasilitas yang dimiliki TVKU. Mulai dari ruang studio, ruang master control, hingga ruang Redaksi Pemberitaan.

Rombongan UteM yang terdiri dari : Datok Prof. Dr.Abu bin Abdullah, Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof Dr. Shahrin Sahib bin Sahibuddin, Dekan Fakultas teknologi Informasi & Komunikasi, Prof Dr. Nanna Suryana Herman, Wakil Dekan Fakultas Teknologi Informasi Komunikasi, Enc. Aziz bin Abdullah menyatakan kekagumannya terhadap beragam fasilitas yang dimiliki oleh Udinus.

Diharapkan melalui penandatanganan kerjasama ini, dapat meningkatkan mutu pendidikan di antara kedua belah pihak serta dapat mempererat tali silaturahmi antara 2 perguruan tinggi yang berbeda negara ini, demikian dikatakan Ahmad Yusoff.

Gambar : Datok Prof. Dr.Abu bin Abdullah, Wakil Rektor Bidang Akademik UteM, Rektor UTeM Prof. Dr. Ahmad Yusoff bin Hassan, Rektor UDINUS Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom, Rektor UTeM Prof. serta Ketua Yayasan Udinus Tri Rustanti, SE.saat penandatanganan MOU di Ruang Rektorat Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Last Update : 13 November 2008