Berbagai aktivitas umat Muslim di bulan Ramadan akan mendatangkan segala berkah pahala dari Allah SWT. Untuk itu banyak kegiatan yang dilakukan oleh berbagai institusi, agar suasana Ramadan lebih hangat dan bermanfaat bagi umat Muslim di dun


Pekan Seni Mahasiswa Nasional atau PEKSIMINAS IX diselenggarakan di Jambi pada tanggal 25 s/d 29 Juli 2008. Program Dikti tersebut diselengarakan dua tahunan, bergantian dengan POMNAS. Ada 6 tangkai seni yang dipertandingkan yaitu Tari, Puisi, Solo Vocal, Vocal Group, Teater Monolog dan Seni Rupa. Untuk masing-masing tangkai seni ada beberapa yang dilombakan, untuk tangkai seni rupa terdiri dari Seni Lukis, Seni Photografi, Desain Grafis Komputer, Komik Strip dan Film Pendek. Tahun ini UDINUS mengirim 15 karya di tangkai Seni Rupa.

Tempat Jam 10 Hari Sabtu Tanggal 25 Juli 2008 Peksiminas dibuka oleh Mentri Pendidikan dan ditutup pada tanggal 29 Juli 2008. Para pemenang lomba diumumkan saat acara penutupan, dan cukup membanggakan UDINUS dalam hal ini UKM Teater Kaplik mendapat Juara Satu Film Pendek dengan judul "Preman A - Z". Film pendek ini menceritakan kisah seorang Bos Preman yang buta huruf dan akhirnya dengan caranya sendiri yaitu dengan menculik seorang Guru untuk dipaksa mengajari membaca di markas kekuasaannya. Ada semangat untuk menjadi orang pandai, dengan pantang menyerah untuk tidak berhenti belajar. Ini menunjukkan bahwa masalah Premanisme akarnya karena kurangnya pendidikan dikalangan mereka. Lokasi Shooting adalah Kampus UDINUS, Kota Lama, Tawang, Pasar Mbulu dan BSB. Sutradara dari film pendek tersebut adalah Dimas Ari Pranata dengan Pimpronya Ali Muchson.

Adapun perolehan juara untuk tim BPSMI Jateng adalah:

Dua Juara I (emas):

  1. Film pendek (UDINUS)
  2. Penulisan Cerpen (ISI Solo)

Empat juara II (Perak):

  1. Monolog (PGRI)
  2. Poster (UNNES)
  3. Naskah Lakon (UNDIP)
  4. Keroncong (UNSOED)

Delapan Juara III ( Perunggu)

Selain itu ada Juara Harapan I sebanyak 4 buah dan untuk juara harapan 2 sebanyak 2 buah.

Wakil Rektor III Y. Tyas Catur Pramudi menyampaikan selamat kepada UKM Teater Kaplik dan ucapan terimkasih kepada mahasiswa yng mampu membawa nama harum UDINUS di kancah nasional. Dalam kesempatan itu beliau menyampaikan bahwa hak beasiswa bagi mahasiswa berprestasi baik ditingkat daerah maupun tingkat nasional tetap diberikan yaitu berupa pembebasan uang SKS dan SPP, sesuai aturan yang berlaku.(TyS)

Last Update : 1 Januari 1970