Berbagai aktivitas umat Muslim di bulan Ramadan akan mendatangkan segala berkah pahala dari Allah SWT. Untuk itu banyak kegiatan yang dilakukan oleh berbagai institusi, agar suasana Ramadan lebih hangat dan bermanfaat bagi umat Muslim di dun


Pada tanggal 5 Juni 2008 bertempat di gedung E lt. 3 ,bidang kemahasiswaan mengadakan Sarasehan & pelatihan CO-OP. Peserta yang mengikuti pelatihan tersebut adalah 15 mahasiswa penerima beasiswa CO-OP , 5 dosen pembimbing dan 10 UKM ( Usaha Kecil dan Menengah ) yang ada di semarang, acara di buka oleh Wakil Rektor III ( Y.Tyas Catur Pramudi,S.Si., MKom ) serta dihadiri Wakil Rektor I dan Para Dekan. Disetujuinya Program CO-OP oleh DIKTI merupakan wujud  dukungan Pemerintah terhadap usaha peningkatan mutu pendidikan di UDINUS. Program ini diharapkan menjadi prototipe program sejenis di UDINUS dalam rangka melahirkan profile lulusan yang sesuai dengan Visi dan Misi Lembaga demikian sambutan dari WR III.

Ketua Tim Coop Yudhy Dharmawan, M.Kes dosen Fakultas Kesehatan mengatakan bahwa seluruh Indonesia hanya 15 proposal yang didanai oleh Pemerintah, dan salah satu adalah UDINUS. Sehingga COOP Tahun ini merupakan tantangan bagi UDINUS untuk meyakinkan kepada pihak Pemerintah bahwa kita bisa melakukan COOP secara baik, sehingga diharapkan tahun berikutnya UDINUS akan mendapat dukungan dari Pemerintah dalam kegiatan yang sama, sampai UDINUS bisa menyelenggarakan COOP secara mandiri.

Apa itu CO-OP?

CO-OP adalah kepanjangan dari Cooperative Education, merupakan program Departemen Pendidikan Nasional melalui perguruan tinggi sebagai program belajar bekerja terpadu untuk membantu perkembangan UKM dan menghasilkan sumberdaya manusia yang berdaya saing.

Gambaran kegiatannya ,mahasiswa bekerja sebagai karyawan UKM, yang akan membantu UKM dalam memecahkan masalah yang dihadapi UKM selama 4 bulan.Dimana mahasiswa yang bersangkutan berhak mendapatkan kompensasi atas pekerjaan yang dilakukan.Selama mahasiswa bekerja di UKM , akan didampingi dosen pembimbing yang ditunjuk oleh perguruan tinggi setempat yang akan membantu pemecahan masalah yang dihadapi oleh UKM. 

Adapun tim coop tahun 2008 adalah: Yudhy Darmawan,SKM.,MKes - dosen FKES (Ketua); Noer Ageng,SKom - Dosen FIK (Anggota), Kharis Widyatmoko,S.Si.,MKom - Dosen FIK (Anggota).

Semoga  program CO-OP yang baru pertamakali  diperoleh UDINUS ini akan berkelanjutan di masa yang akan datang , dan akan lebih sukses lagi.( by:bima )

Last Update : 11 Juni 2021