UJI COBA PTM SECARA TERBATAS, UDINUS TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN SECARA KETAT


Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang mulai uji coba Perkuliahan Tatap Muka (PTM) secara terbatas di tengah pandemi Covid-19. Uji coba tersebut telah menerapkan protokol kesehatan secara ketat. 
 
Mahasiswa yang diijinkan mengikuti PTM ini memenuhi persyaratan, antara lain sudah divaksin, suhu tubuh tidak lebih dari 37,5 derajat, dan berdomisili di Kota Semarang atau Kota Kediri. Mahasiswa diwajibkan mengisi form screening Covid-19 dan tentunya mendapatkan izin dari orang tuanya masing-masing untuk mengikuti PTM. Mahasiswa yang ingin mengikuti PTM secara terbatas juga diharuskan melakukan swab antigen dan menunjukkan bukti kepada petugas di setiap gedung.  
 
Untuk memasuki area kampus, mahasiswa harus melakukan scan QR barcode di aplikasi Peduli Lindungi. PTM Udinus menawarkan mata kuliah yang terbatas dan hanya mata kuliah praktek yang ditawarkan kepada mahasiswa. 
Selama pandemi, Udinus membentuk Satgas Covid-19 yang diketuai oleh Wakil Rektor II Bidang Umum dan Keuangan, Prof. Dr. St Dwiarso Utomo, S.E., M.Kom, Akt,CA. Tim Satgas Covid-19 tersebut di bawah arahan Satgas Covid-19 Kota Semarang,  Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI Jawa Tengah dan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti). 
 
Ketua Satgas Covid-19 Udinus, Prof. Dr. St Dwiarso Utomo, S.E., M.Kom, Akt,CA menjelaskan bahwa persiapan Udinus untuk menjalankan uji coba PTM secara terbatas sangatlah ketat. Berbagai peralatan pendukung seperti wastafel, pengukur suhu barcode Peduli Lindungi telah disiapkan di tempat masuk setiap gedung. Tim Satgas Covid-19 Udinus juga akan rutin melakukan pengecekan terhadap jalannya uji coba PTM terbatas. 
 
“Uji Coba PTM dimulai hari ini telah berjalan lancar dan para mahasiswa juga telah mengikuti aturan yang ada. Tim Satgas Udinus kami harap dapat menjaga konsistensi kelancaran tersebut,” imbuhnya. 
 
Sebagai informasi uji coba PTM terbatas akan berhenti sementara, seiring ditetapkannya PPKM level 3 secara nasional pada 24 Desember 2021 - 2 Januari 2022. PTM akan dilanjutkan kembali pada 3 Januari 2022 hingga akhir semester ganjil. Jalannya uji coba PTM secara terbatas tersebut tertuang dalam surat keputusan Rektor Udinus dengan nomor 138/KEP/UDN-01/X/2021. Informasi terkait PTM secara terbatas di Udinus dapat mengakses melalui melalui laman ptm.dinus.ac.id
 
Mahasiswa dari Program Studi D-4 Animasi Udinus yang ditemui selepas mengikuti uji coba PTM, Leonardo Kevin Wijaya mengaku senang dapat mengikuti uji coba PTM secara terbatas. Menurutnya dengan adanya Uji coba tersebut dapat menunjang dirinya untuk mengikuti perkuliahan praktek. 
 
“Perkuliahan praktek jika dilakukan secara online juga sulit, banyak kendala juga salah satunya jaringan. Saya berharap teman-teman mahasiswa yang mengikuti uji coba PTM juga patuh terhadap protokol kesehatan yang ada,” ungkapnya. (Humas Udinus/Alex. Foto : Humas Udinus) 

Last Update : 27 Januari 2022