FEB UDINUS AJAK MAHASISWA DAN PELAKU USAHA TINGKATKAN PEREKONOMIAN NEGARA MELALUI WEBINAR


Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) menggelar webinar diseminasi membahas mengenai hasil penelitian dengan tema 'Reaksi Investor Terhadap Kinerja Keuangan dan Non Keuangan dan Penerapan Pendekatan Teori Isomorfisme'. Diseminasi itu membahas mengenai sistem keuangan dan nantinya mampu membantu peningkatan perekonomian negara pada Selasa 27 Juli 2021.

 

Webinar yang dilangsungkan melalui zoom tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor II Bidang Umum dan Keuangan, Dr St. Dwiarso Utomo,SE., M.Kom, Akt, CA. dan Dekan FEB, Prof. Vincent Didiek Wiet Aryanto MBA, Ph.D. Selain itu, diikuti juga oleh ratusan peserta dari para mahasiswa dan jajaran dosen FEB Udinus.

Hadir sebagai pembicara, yakni dosen FEB Usman, S.S., M.T., M.Si. dan Dr. Yulita Setiawanta, Ak,CA., ACPA., CPA.,CSRA.,CSP. yang menyampaikan hasil penelitian serta memberikan materi kepada peserta mahasiswa yang hadir.

 

Pada kesempatan itu, Usman, S.S., M.T., M.Si. memaparkan hasil penelitian dengan judul ‘Model (Konseptual) Perilaku Adopsi Produk dan Pelayanan Keuangan Syariah Oleh UMKM’. ia mengatakan bahwa di Indonesia sangat sedikit UMKM yang memanfaatkan pelayanan keuangan syariah, melainkan kebanyakan lebih tertarik dengan pelayanan keuangan nasional. Dengan hal tersebut tingkat penggunaan layanan keuangan syariah di Indonesia relatif sedikit dibandingkan dengan negara lain. "Penduduk muslim di Indonesia sangat banyak, tapi mereka lebih memiliki layanan keuangan nasional. Sehingga perlu adanya determinan dari perilaku adopsi UMKM terhadap produk dan layanan keuangan syariah," paparnya.

 

Sementara itu, Dr. Yulita Setiawanta, Ak,CA., ACPA., CPA.,CSRA.,CSP. memaparkan hasil penelitiannya yang berjudul ‘Kerja Lingkungan, Keuangan dan Pelaporan Keberlanjutan Terhadap Nilai Perusahaan’ dihadapan para peserta webinar. Dalam paparannya itu, ia menjelaskan tentang pengaruh kinerja lingkungan terhadap nilai perusahaan agar mampu meningkatkan keberlanjutan laporan suatu perusahaan. Menurutnya pelaporan yang rutin dari persahaan disuatu neagra akan dapat menjadi nilai untuk dapat membantu dan meningkatkan ekonomi negara.

“Hal ini tentu perlu adanya kesadaran langsung dari perusahaan, oleh karena perilaku kerja sangat berperan dalam hal ini," paparnya.

 

Hasil penelitian tersebut mencangkup mengenai sistem keuangan yang mampu membantu peningkatan perekonomian negara. Sehingga nantinya dapat menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kesadaran perusahaan maupun UMKM, tentang pelayanan keuangan dan pelaporan keuangan serta keberlanjutan laporan.

 

Disamping itu, kedua pembicara mengajak mahasiswa yang hadir dalam webinar tersebut untuk selalu memberikan data valid ketika menulis sebuah penelitian. Sehingga manfaat dari penelitian tersebut dapat berguna bagi masyarakat luas, baik sebagai tolak ukur dalam menyusun pelaporan maupun sebagai ilmu pengetahuan. (*Humas Udinus/Nuvia. Foto: Nuvia KHN)

Last Update : 21 September 2021