PEMKOT SEMARANG TUNJUK UDINUS SEBAGAI LOKASI SENTRA VAKSINASI


Untuk mendukung tercapainya herd immunity di Indonesia, Universitas Dian Nuswantoro ditunjuk Pemerintah Kota Semarang melalui Dinas Kesehatan Kota Semarang untuk dijadikan lokasi sentra vaksinasi. Sejumlah persiapan telah dilakuan oleh tim relawan vaksinasi di Udinus sejak Jumat (25/6/2021).

 

“Udinus telah siap untuk membantu Pemkot Semarang dalam menyediakan lokasi percepatan vaksin di Kota Semarang. Tenda-tenda dan perlengkapan telah kami siapkan untuk mendukung kenyamanan. Kami menerapkan protokol kesehatan serta alur vaksinasi, agar kondisi tetap kondusif dan tidak ada kerumunan,” jelas Mohamad Sidiq, S.Si, M.Kom selaku Koordinator Sentra Vaksinasi Udinus.

 

Dari Udinus sendiri telah menyiapkan relawan-relawan vaksin untuk membantu lancarnya kegiatan tersebut. “Setiap hari, mulai Senin 28 Juni 2021, akan siap sekitar 55 orang yang terdiri dari 20 mahasiswa Fakultas Kesehatan Udinus, tenaga kesehatan Udinus yang terdiri dari 1 dokter dan 1 perawat, dosen, karyawan, security dan relawan lainnya,” tutur Sidiq.

 

Mahasiswa yang akan bergabung dalam proses vaksinasi nantinya akan membantu mulai dari pengarahan alur vaksinasi hingga pengecekan pengecekan suhu. Sedangkan petugas yang akan menyuntikkan vaksin adalah tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan Kota Semarang. Jumlah tenaga kesehatan yang berasal dari Dinkes sendiri akan ada sekitar 8 orang.

 

Pelaksanaan vaksinasi di Sentra Vaksin Udinus akan dimulai setiap pukul 08.00 hingga 15.00 WIB. Target Dinkes sendiri kurang lebih 500-600 dosis vaksinasi sesuai undangan dari sms blast yang dikirimkan pada masyarakat. Karena vaksinasi di Udinus ini hanya untuk yang sudah terdaftar di victori.semarangkota.go.id.

Adapun simulasi dari Dinkes Kota Semarang telah dilakukan pada Sabtu (26/6/2021) di lokasi Sentra Vaksin Udinus Jl Nakula I No.5-11 kompleks gedung E Udinus. (*Humas Udinus/Nining Sekar)

Last Update : 20 September 2021