UDINUS AJARKAN COMPUTATIONAL THINGKING PADA MAHASISWA BARU 2021 LEWAT MATRIKULASI


Hello Campus yang merupakan serangkaian kegiatan matrikulasi Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) sudah memasuki hari ketiga. Kegiatan yang diselenggarakan secara daring tersebut dibuka dengan materi Computational Thinking yang berlangsung pada Jumat, 18 Juni 2021.

 

Kegiatan yang akan berakhir pada 7 Juli ini diikuti oleh 1748 mahasiswa Udinus angkatan 2021. Mahasiswa yang berhak mengikuti matrikulasi merupakan mereka yang telah melakukan daftar ulang sampai dengan 11 Juni 2021. Seluruh peserta juga dapat mengikuti serangkaian kegiatan melalui channel youtube TVKU yang disiarkan secara live.

 

Kali ini materi dipaparkan oleh Ayu Pertiwi, S.Kom. MT., selaku Dosen S1 Teknik Informatika Udinus. Dalam kesempatan tersebut mahasiswa diberikan pemaparan seputar computational thinking, dengan memberikan beberapa contoh soal yang diselesaikan bersama.

“Computational thinking ini merupakan suatu proses berpikir yang dilakukan untuk memformulasikan suatu permasalahan dan menemukan solusinya, di mana solusi tersebut direpresentasikan dalam bentuk yang dapat dikerjakan oleh manusia secara efektif,” jelasnya.

 

Ayu Pertiwi, S.Kom. MT., yang juga merupakan Koordinator Bebras Udinus tersebut menambahkan melalui pembelajaran tersebut diharapkan mahasiswa baru Udinus dapat menyelesaikan masalah yang kompleks. Dengan selalu berinovasi, beradaptasi dengan lingkungan, tidak mudah putus asa dan mau kerja sama.

“Sebagai mahasiswa mari mulai menggunakan computational thinking untuk menyelesaikan tugas yang sedang dihadapi, untuk memulai mengerjakan sesuatu yang bisa dimanfaatkan. Mari mulai kita latih agar segala permasalahan dapat diselesaikan dengan baik, cepat dan lebih efektif," imbuhnya.

 

Kegiatan Hello Campus ini sebagai program pengganti matrikulasi, yang mana matrikulasi biasa dilaksanakan secara tatap muka dengan dosen di dalam kelas. Dalam program ini mahasiswa akan disuguhkan dengan beberapa informasi, mulai dari berbagai kegiatan yang ada di dalam kampus, hingga informasi mengenai literasi informasi, media sosial dan kegiatan akademik lainnya.

 

Sementara itu pada pembukaan matrikulasi beberapa hari lalu, Rektor Udinus yaitu Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko M.Kom. menjelaskan bahwa kegiatan Hello Campus menjadi salah satu kegiatan positif bagi mahasiswa baru di tengah Covid-19. Mahasiswa nantinya akan mendapat berbagai materi perkuliahan dasar serta materi lain yang akan menambah wawasan mereka.

“Melalui kegiatan Hello Campus ini mahasiswa baru akan melakukan matrikulasi secara daring. Manfaat dari mengikuti kegiatan ini mahasiswa akan mendapatkan dua SKS penuh lebih awal dari mahasiswa lain. Selain itu dengan diselenggarakan secara daring ini tentu akan meningkatkan keaktifan mahasiswa di tengah situasi saat ini,” tutup Prof. Edi Noersasongko. (Humas Udinus/Haris. Foto: Haris)

 

Last Update : 26 September 2021