GANJAR AJAK MAHASISWA UDINUS UBAH MINDSET UNTUK PULIHKAN PEREKONOMIAN BANGSA


Student Economics Meeting atau yang biasa dikenal dengan Summit kembali dilaksanakan dengan mengusung tema ‘Survive On Pandemic Era’. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (BEM FEB) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang tersebut berlangsung sukses secara daring pada Jumat-Sabtu, 28-29 Mei 2021.

 

Terselenggara selama dua hari, di hari pertama dilakukan Talk & Discuss dengan topik pembahasan ‘Peran Pemerintah Dalam Meningkatkan Perekonomian di Tengah Pandemi’. Menghadirkan salah satu tokoh pemerintah yaitu H. Ganjar Pranowo, S.H, M.IP., selaku Gubernur Jawa Tengah yang menjabat sejak tahun 2018.

 

Gubernur yang telah menjabat sejak tahun 2018 ini menghimbau bahwa penanganan pandemi perlu adanya dukungan dari masyarakat. Demi memperbaiki perekonomian bangsa perlu adanya kesadaran diri untuk merubah mindset. Contohnya dengan mulai mengelola Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) secara digital. “Zaman sekarang sudah hampir seluruh pengusaha punya smartphone, dan itu bisa menjadi salah satu alat yang mampu merubah mindset mereka, untuk memulai memahami teknologi. Sehingga secara perlahan mampu memperbaiki perekonomian selama pandemi ini,” ajak Ganjar.

 

Dihadiri oleh kurang lebih sebanyak 82 peserta delegasi dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Kegiatan diskusi berlangsung dengan sukses, terlihat dari banyaknya mahasiswa yang aktif bertukar pikiran. Mengenai beberapa peran pemerintah yang telah dilakukan untuk mengatasi beberapa permasalahan di tengah pandemi di Indonesia. “Tentu besar harapan kami dengan adanya kegiatan ini pemerintah bersama dengan mahasiswa mampu melakukan komunikasi dua arah,” harap Muhammad Ridho Hernanda selaku Gubernur BEM FIB.

 

Sementara itu, di hari berikutnya dilakukan Webinar Nasional yang menghadirkan narasumber praktisi. Yaitu Haidhar Wurjanto selaku CEO Cakekinian dan Triyono Gani selaku Head Digital Finance Innovation Group OJK. Serta adanya materi dari sisi akademika yang disampaikan oleh Dr. Mahmud SE., MM., selaku Dosen Program Studi Manajemen FEB Udinus. Dengan topik pembahasan ‘Peran Bisnis Digital Guna Meningkatkan Perekonomian Indonesia di Era Pandemi’.

 

Dr. Mahmud yang juga merupakan Wakil Dekan FEB Udinus turut menyampaikan rasa terima kasihnya. Kepada narasumber yang hadir serta BEM FEB Udinus yang rutin menyelenggarakan kegiatan untuk para mahasiswa bertukar pikiran. “Harapannya setelah kegiatan ini para peserta mendapatkan langkah solutif dan memberikan kontribusinya untuk menyelesaikan beberapa permasalahan ekonomi di masa pandemi,” harapnya. (*Humas Udinus/Haris. Foto: Hariz Rizky)

Last Update : 23 September 2021